NEWS

Sebanyak 42 Satgas Operasi Patuh Krakatau 2022 Ikuti Gelar Pasukan

RADARMETRO.ID – Hari ini hingga dua Minggu kedepan, Operasi Patuh Krakatau 2022 Kepolisian Resor (Polres) Metro. Sebanyak 42 anggota yang tergabung dalam Satgas Operasi ikuti Gelar Pasukan yang dipimpin Kapolres Metro, AKBP Yuni Iswandari Yuyun, Senin (13/6/2022).

Berdasarkan data yang terhimpun radarmetro.id, Operasi Patuh Krakatau 2022 Polres Metro diselenggarakan sejak hari ini, Senin 13 Juni – Minggu 26 Juni 2022. Terdapat tujuh poin pelanggaran pengendara roda dua maupun roda empat dan seterusnya yang akan mendapatkan surat tilang ditempat.

Dari ketujuh poin tersebut diantaranya, menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, berkendara dengan berpengaruh alkohol, melawan arus lalulintas, kecepatan melebihi batas ketentuan, yang terakhir bagi pengendara motor yang tidak mengenakkan helm/ helm ridak berlabel SNI serta bagi pengendara roda empat/lebih yang tidak mengenakkan safety belt di jalanan Kota Metro.

Kapolres Metro, AKBP Yuni Iswandari Yuyun melalui Kasat Lantas, AKP I Made Sudastra menuturkan adanya Oprasi tersebut guna menurunkan angka pelanggaran yang berakibat kecelakaan lalu lintas. Sehingga disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dapat meningkat

“Meningkatkan kualitas kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya,” kata Kasat Lantas, AKP I Made Sudastra saat dikonfirmasi radarmetro.id, Senin (13/6/2922).

Selain itu, Operasi tersebut selain membangun budaya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) berlalu lintas juga dalam rangka menjaga penggunaan protokol kesehatan khususnya masyarakat yang melintas di Jalan Raya Kota Metro.

“Terciptanya situasi Kamseltibcar yang mantap pada masa Pandemi Covid-19, juga menekan angka pertumbuhan, penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kota Metro,” ujarnya.

Selanjutnya, Kasat Lantas juga mengupayakan untuk meningkatkan kembali peraturan berlalu lintas serta Peraturan Pemerintah dalam penegakan pelanggaran yang terjadi di Kota Metro. Mengingat angka kejadian kecelakaan berlalu lintas (Laka Lantas) kerap menghampiri pengendara yang lalai.

“Adanya Undang-Undang Republika Indonesia nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Pemerintah lainnya terkait lalu lintas akan terus kami jadikan pijakan. Apa lagi kecelakaan di jalanan itu salah satunya bentuk kelalaian, itu kita minimalisir,” terangnya

Lebih lanjut, ia juga memastikan dalam Operasi Krakatau 2022, Satgas akan mengutamakan Senyum, Sapa, Salam serta bertindak secara persuasif.

“Dalam operasi ini kita mengedepankan senyum, sapa, salam dan bertindak secara edukasi dan persuasif. Untuk penindakan Tilang itu jalan yang terakhir, karena Operasi Patuh Krakatau penindakannya itu berupa penilangan,” pungkasnya.

Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Krakatau 2022 Polres Metro turut di ikuti Dandim 0411/KM, Letkol Inf Sihono, Kasat Lantas Polres Metro, I Made Sudastra dan jajaran anggota kepolisian serta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Metro. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button