NEWS

Sebanyak 17 Ton Gabah CV Karya Bersama Sentosa Ikut Terbakar

RADARMETRO.ID – Kebakaran Pabrik Padi CV Karya Bersama Sentosa yang berada di Jalan Lestari IV RT/RW 33/09 Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro mengakibatkan sebuah unit mesin oven pengering padi hangus. Oven dengan ukuran raksasa itu di dalamnya berisi 17 ton gabah kering.

“Untuk yang terbakar tadi itu padi yang saat di oven. Informasi yang saya dapat ada 17 ton padi yang sedang di oven,” ujar Kasi Damkar Satpol-PP Metro, Bustami kepada radarmetro.id pasca api dapat dipadamkan, Minggu (5/6/2022).

Dalam peristiwa kebakaran tersebut, Bustami mengatakan tidak ada korban jiwa. Namun kerugian pemilik pabrik yang diketahui bernama Ko Atok berupa peralatan mesin pengering padi yang mengalami rusak bakar, dan juga separuh padi yang berada di dalam mesin tersebut.

“Yang hangus estimasinya 50 persen. Karena tinggal sedikit lagi yang sisa. Bisa dilihat dari atas tadi yang selamat,” ungkapnya

Sementara itu, pemilik maupun penanggung jawab Pabrik Padi CV Karya Bersama Sentosa belum dapat memberikan kepastian kerugian akibat peristiwa kebakaran yang terjadi sejak pagi hari, Minggu (5/6).

“Keterangan dari yang kami dapat kebakaran itu hanya padi gosong. Namun, belum diketahui pasti secara jelas berapa nominal kerugiannya,” ucap Bustami kepada radarmetro.id.

Diketahui, berdasarkan pantauan radarmetro.id di lokasi kebakaran, sebanyak dua unit mobil Damkar dan 15 petugas dikerahkan. Sekira pukul 08.30 WIB petugas sudah berjibaku dengan kobaran api yang mengakibatkan kepulauan asap membumbung tinggi di atas pabrik tersebut.

Pusat api yang berada di dalam mesin pengering padi, berbahan plat baja ringan dan hanya memiliki celah lubang kecil, menyulitkan para petugas mengarahkan air guna memadamkan api yang kian membesar.

“Setelah Pak Wakil (Qomaru Zaman) memberikan instruksi untuk melakukan pembongkaran plat, setelah melakukan pembongkaran beberapa plat itu, petugas lebih mudah untuk melakukan proses pemadaman,” beber Bustami saat proses pendinginan pasca api padam.

Petugas dapat memadamkan api setelah 3 jam berada di lokasi tersebut. Kini api sudah padam, namun nominal pasti kerugian belum diungkapkan oleh pemilik Pabrik Padi CV Karya Bersama Sentosa, Kota Metro.

Terlihat di lokasi pasca kebakaran, satu dari dua unit mesin oven yang dimiliki oleh pabrik tersebut hangus terbakar. Selain itu juga padi yang berada di dalamnya ikut terbakar, dan terlihat juga padi yang masih dalam keadaan utuh. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button