NEWS

RSUDAY Rawat 28 Pasien Covid-19, 13 Pasien Warga Metro

RADARMETRO.ID – Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Yani (RSUDAY) Kota Metro mencatat sebanyak 28 pasien Covid-19 tengah menjalani perawatan. Dari jumlah tersebut

“Kasus Covid-19 ini hari ini ada 28 orang. Dari jumlah ini lebih banyak warga yang dari luar Metro. Kalau untuk Kota Metro ada 13 pasien dan luar Metro ada 15 pasien,” terang Direktur RSUDAY Kota Metro, dr. Fitri Agustina, Senin (7/3/2022).

Ia mengatakan, antisipasi penambahan Covid-19 tersebut pihaknya telah menyiapkan sebanyak 115 tempat tidur. Selanjutnya, untuk untuk angka Bed Occoupancy Rate (BOR) atau tempat tidur yang terpakai mencapai 33 persen. “Kita ada 115 kamar tidur. Untuk BOR kita diangka 33 persen,” jelasnya.

Ia mengatakan, untuk ketersediaan oksigen di RSUDAY juga dipastikan aman. Terlebih sudah ada 350 tabung oksigen dan tank liquid sentral. “Dengan adanya tank liquid sentral ini, ditambah oksigen kemasan dalam tabung kecil di rumah sakit sebanyak 350 tabung, insyaallah ketersediaan oksigen aman,” katanya.

Menurutnya, tabung sentral oksigen dengan kapasitas 5 ton atau 5.000 liter itu setara dengan 1.500 tabung oksigen. Ia mengatakan, apabila dalam kondisi pemakaian normal, maka jumlah itu akan mampu bertahan selama 1 bulan ke depan. “Kalau normal seperti saat ini, kebutuhan oksigen kita per hari itu 50 tabung, satu tank itu bisa untuk 1 bulan. Kalau 1 bulan dalam kondisi normal, maka butuh 1.500 tabung,” imbuhnya.

Jadi, lanjutnya, tabung sentral tersebut langsung tersambung pada jaringan pipa ke kamar-kamar pasien. Dari mutu dan kualitas sarana dan prasarananya, tabung sentral ini lebih efektif dibanding tabung oksigen yang biasa.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button