NEWS

Ribuan Pedagang Metro Terima Bantuan Uang Tunai

RADARMETRO.ID – Sebanyak 23 ribu Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Warung di daerah binaan Kodim 0411/KM berhak mendapatkan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) Minyak Goreng (Migor) TNI Tahun 2022. Sejumlah PKL dan warung nantinya menerima uang tunai sebesar Rp.300.000 perorang.

Dari total 23 ribu sasaran, berasal dari dua Kabupaten/Kota dibawah binaan Kodim 0411/KM. Sebanyak 15 ribu penerima bantuan BTPKLW TNI berasal dari Kabupaten Lampung Tengah, dan sisanya sebanyak 5 ribu penerima berasal dari Kota Metro.

“Program dari Pemerintah Pusat ini, berupa bantuan untuk pedagang kaki lima, pedagang kecil maupun warung, melalui Kodim 0411/KM akan disalurkan kepada 23 ribu penerima. Untuk Lampung Tengah sebanyak 15 ribu orang, sisanya 5 ribu penerima bantuan dari Kota Metro,” ujar Dandim 0411/KM, Letkol Inf Sihono melalui Kasdim, Mayor Inf Bagus Setiawan saat Launching BTPKLW TNI Tahun 2022 di Koramil 411-01/Metro, Rabu (18/5/2022).

Penerima BTPKLW Migor akan mendapatkan uang tunai sejumlah Rp.300.000 agar dipergunakan sebagai dana usaha para pedagang yang mengalami kesulitan di masa Pandemi Covid-19.

Dalam waktu sepuluh hari kedepan, Kodim 0411/KM menyalurkan bantuan untuk 3400 pedagang melalui Korami se-Kota Metro. Sementara itu, sebanyak 340 pedagang langsung diberikan bantuan tersebut selepas Launching BTPKLW TNI di Koramil 411-01/Metro.

“Jumlah yang kita dapatkan untuk wilayah Metro 8000 orang pedagang kecil dan warung, kita distribusikan ini selama sepuluh hari. Dengan nominal Rp.300.000 perorang tanpa adanya potongan,” kata Mayor Inf Bagus Setiawan

Lebih lanjut terkait pendataan penerima bantuan tersebut, kata Bagus Setiawan, penerima BTPKLW TNI Tahun 2022 dipastikan tepat sasaran, yakni bagi mereka yang belum mendapatkan bantuan apapun dari Pemerintah. Pasalnya, pendataan berdasarkan Nomor Induk Keluarga (NIK).

“Dipastikan tepat sasaran, kita cek lapangan, kita verifikasi, kita masukkan NIK-nya. Alhamdulillah seluruhnya masuk dalam data sejumlah 8000 orang,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman memberikan apresiasi kepada TNI dan Polri dalam penyaluran BTPKLW Tahun 2022 di Kota Metro. Selain itu, ia turut memastikan bahwasanya bantuan tepat sasaran dan juga tidak ada potongan apapun dalam proses penyaluran di Koramil 411-01/Metro

“Ini kan berdasarkan data valid ya, tentu harus didukung semuanya. Saya apresiasi TNI, Polri dalam bekerjasama dengan Pemerintah membantu masyarakat,” keterangan Qomaru kepada radarmetro.id saat di lokasi penyaluran bantuan.

Sementara itu, terlihat para pedagang mengikuti antrean menunggu panggilan yang selanjutnya langsung menerima bantuan tersebut. Kepada radarmetro.id salah seorang pedagang gorengan di Samber Park, Yulinar merasa terbantu dengan adanya BTPKLW TNI Tahun 2022. Pasalnya ia salah satu warga Kota Metro yang belum menerima bantuan jenis apapun dari Pemerintah.

“Ya seneng lah, orang selama ini kayak bantuan PKH, atau bantuan yang lainnya belum pernah dapet,” ujarnya.

Pedagang lain, Ida Susanti menyikapi bantuan tidak berdasarkan besar atau kecilnya yang ia terima. Akan tetapi bantuan senilai Rp.300.000 yang hari ini ia peroleh, merupakan bentuk kepedulian Pemerintah terhadap masyarakat yang membutuhkan.

“Kecil atau besar bantuan menurut saya sama aja, intinya Pemerintah peduli kepada masyarakat kecil,” tuturnya, yang berprofesi sebagai pedagang gorengan di Kauman Bawah.

Sampai berita ini diterbitkan, antrean masih membeludak dan dipastikan keadaan seperti itu berlangsung sampai 10 hari kedepan dalam rangka penyaluran BTPKLW TNI Tahun 2022 di Koramil 411-01/Metro. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button