NEWS

Ribuan Jamaah Tumpah di Samber Park Kota Metro

RADARMETRO.ID – Ribuan jamaah penuhi gelaran Sholawat Kebangsaan Anti Radikalisme dan Terorisme di Samber Park Kota Metro, Selasa (7/6/2022) malam.

Kehadiran Habib Muhammad Luthfi Bin Ali Bin Hasyim Bin Yahya atau Habib Lutfhi yang memimpin jalannya sholawat kebangsaan membuat jamaah antusias, bahkan dari daerah luar Kota Metro berbondong-bondong menghadiri gelaran tersebut.

Belum ada kepastian jumlah jamaah yang hadir pada gelaran tersebut. Namun berdasarkan pantauan radarmetro.id ditaksir jamaah yang hadir kurang lebih mencapai 10.000 orang dari berbagai usia.

Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman saat dikonfirmasi radarmetro.id mengatakan gelaran sholawat kebangsaan memiliki dampak positif untuk menyelesaikan persoalan dengan didasari nilai-nilai agama.

“Insya Allah ini kegiatan positif, kedepannya ini diperlukan dalam mengemas persoalan sosial, mengemas persoalan kebangsaan, mengemas persoalan kenegaraan tanggung jawab kita semua,” ujarnya kepada awak media saat di lokasi.

Wakil Walikota itu berharap, adanya kegiatan semacam itu dapat meningkatkan iman dan menjadikan Kota Metro lebih aman.

“Sholawat itu panggilan Allah SWT, kalau dimensinya sholawat itu diterjemahkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Insyaallah Indonesia dan khususnya Kota Metro akan aman,” kata Qomaru.

Qomaru juga menyampaikan bahwa kegiatan serupa juga bakal digelar kedepannya. Ia meminta dukungan dari masyarakat Kota Metro untuk mensukseskan seluruh program pemerintah.

“Saya fikir ini sangat positif dan harus didukung oleh seluruh masyarakat Kota Metro,” pungkasnya.

Salah seorang pedagang Ozi (58) merasakan dampak akan sholawat kebangsaan yang dihadiri ribuan orang dari berbagai wilayah. Ia mengatakan, pemasukan meningkatkan hingga Rp.500 ribu malam itu.

“Untuk acara seperti malam ini meningkat tentunya, kurang lebih Rp.400 ribu sampai Rp.500 ribu,” katanya.

Hal serupa turut disampaikan salah seorang juru parkir yang berada di persimpangan Jalan ZA Pagar Alam. Gelaran malam itu menjadi pertama kali yang mendatangkan ribuan orang dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

“Sudah dua tiga tahun ini enggak parkir, baru malam ini pertama karena ada shalawat,” ujar juru parkir yang tidak ingin disebutkan namanya.

Saat diwawancarai, salah seorang jamaah, Yafi Rabani (19) yang datang bersama rombongan Pondok Pesantren Darul Falah, Bandarjaya, Lampung Tengah mengatakan sangat antusias mengikuti sholawat kebangsaan. Lantaran yang dihadiri oleh salah satu Habaib yang selama ini belum pernah ia lihat secara langsung.

“Dapat informasi dari temen-temen yang menyebarkan informasi shalawat. Melihat tanggalnya bisa berangkat, dan Habib Luthfi Rawoh (hadir). Soalnya dari dulu kepingin ketemu melihat langsung Habib Luthfi, syukur-syukur bisa bersalaman langsung dengan Habib Luthfi. Tapi tidak bisa ini tadi, ternyata susah, rapet, ramai sampai enggak bisa terhitung jumlahnya,” katanya kepada radarmetro.id. (Naim)

Dalam kegiatan itu, hadir Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia, Habib Lutfhi yang juga merupakan Ketua Kelompok Ahli Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan Pimpinan Majelis AN – NUR Lampung, Al’Habib Umar bin Muhdor Al Hadad.

Selain itu, tampak hadir Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol Ahmad Nurwakhid, Walikota Bandarlampung Eva Dwiyana, Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin, Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman, Kapolres Metro, AKBP Yuni Iswandari Yuyun.

Juga hadir, Rektor IAIN Metro, Siti Nurjanah, dan Rektor Universitas Muhammadiyah Metro, Jazim Ahmad serta tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Kota Metro. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button