NEWS

Ratusan STB Terjual Jelang Matinya Siaran TV Analog, Masyarakat Menggerutu

RADARMETRO.ID – Kota Metro menjadi satu dari 166 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung yang menjalani Analog Switch Off (ASO) Tahap 1 yang dimulai sejak 30 April 2022 mendatang. Masyarakat bisa merasakan siaran Televisi (TV) Analog menjadi Televisi (TV) Digital dengan bantuan alat berupa Set Top Box (STB) yang dijual bebas di pasaran Kota Metro dari harga Rp.200 ribu.

“Banyak yang beli, tapi STBnya. Seminggu ini sudah habis 150 unit lebih lah,” ujar Indra Gunawan (40), pegawai Toko HM Elektronik atau lebih familiar Toko Elektra, di Pasar Cendrawasih Metro, Jalan Imam bonjol No.6A Kota Metro, Jum’at (29/4/2022).

Animo masyarakat Kota Metro akan kebutuhan informasi yang berasal dari media Televisi sangat besar. Terbukti dengan cepat mengganti saluran TV Analog menjadi TV Digital menjelang pemberlakuan Tahap 1 ASO di Kota Metro.

Indra mengungkapkan, pergantian tersebut dipermudah dengan adanya STB yang berfungsi sebagai alat bantu agar Tv Analog support TV Digital, sehingga seluruh kalangan masyarakat bisa menikmati fasilitas siaran TV Digital.

“Sebenarnya TV yang sudah Digital itu ada, tapi untuk mereka yang memiliki TV Analog yang siarannya akan dimatikan bisa juga merubah TVnya menjadi Digital dibantu STB ini,” ungkapnya.

Dalam kurun waktu tujuh hari menjelang dimatikan siaran TV Analog, warga berburu STB di tokonya. Sedangkan untuk unit Televisi yang sudah dibekali teknologi digital minim pembeli. Hal tersebut diungkapkan Indra lantaran warga masih bisa memanfaatkan TV Analog yang sudah ada dengan bantuan STB seharga Rp200 ribu sampai Rp.300 ribu.

“Banyak yang beli, tapi STBnya. Seminggu ini sudah habis 150 unit lebih lah. Kalau untuk layar TVnya masih minim yang beli, karena kan masyarakat masih punya tuh TV dirumah dua sampai tiga unit. Bisa menggunakan STB seharga Rp.200 ribu sampai Rp.300 ribu biar jadi TV Digital,” paparnya.

Senada dengan Indra, Nur Cholis Setiyanto (29), salah seorang pegawai di toko Semarang Elektronik, Mega Mall turut mengungkapkan kenaikan penjualan STB sepekan terakhir. Kebanyakan masyarakat yang membeli belum mengetahui tentang TV Digital, sehingga ia juga turut memberikan aeahan bahkan bantuan pemasangan kepada warga masyarakat Kota Metro yang membutuhkan.

“Banyak juga seminggu ini yang memberli STB, karena kan tinggal besok aturan pemberhentian siaran TV Analog. Tadi aja ada yang masih belum tau cara pemasangan STB, makanya kita bantu juga,” ujarnya.

Siti Fathonah (32), seorang ibu rumah tangga yang beralamatkan di 24 Tejosari, Iringmulyo, Metro Timur mengungkapkan perpindahan TV Analog ke TV digital membuatnya harus menyisihkan uang menjelang hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, untuk pembelian STB. Hal tersebut dilakukannya agar ia dan keluarga dapat menikmati siaran televisi sesuai dengan intruksi Pemerintah.

“Iya lah baru pertama ini, agak menyusahkan sih, harusnya uang dipakai untuk kebutuhan lebaran tapi harus beli ini. Di rumah pakai TV tabung makanya ini saya beli set box untuk TV dirumah. Katanya besok kan terakhir, sesuai perintah Pemerintah, TV Analog pindah ke TV Digital,” ujarnya.

Siti berharap dengan membeli STB bisa menikmati fitur-fitur siaran televisi seperti yang dijanjikan.

“Tapi katanya banyak channelnya, ya semoga nanti malah makin bermanfaat lah,” tambahnya.

Menurut data yang dihimpun radarmetro.id, ASO perdana kali ini menyasar tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung meliputi Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Pringsewu, Kota Bandar Lampung, dan Kota Metro.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button