NEWS

Raih Predikat Zona Kuning, Ombudsman Minta Pemkot Metro Tingkatkan Pelayanan Publik

RADARMETRO.ID – Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Lampung meminta Pemerintah Kota Metro untuk meningkatkan pelayanan publik. Ini menyusul diraihnya peringkat ke-12 bagi Kota Metro. Dimana, kota yang dijuluki Bumi Sai Wawai tersebut mendapat predikat zona kuning, dengan nilai kepatuhan sedang yakni 79,17 %.

Demikian disampaikan Ombudsman saat menghadiri Rapat Evaluasi Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Tahun 2021, secara hybrid meeting di Gueest House Walikota, Jumat (7/01/2021). Dalam kesempatan tersebut, Ombudsman RI Perwakilan Lampung Nur Rahman Yusup menjelaskan, penilaian terhadap standar pelayanan publik tersebut dimulai dari latar belakang Undang-Undang pelayanan publik yang belum lama berlaku. Sehingga perlu diperkenalkan, disusun, ditetapkan, dan diumumkan. Dengan begitu semua pemangku kepentingan mengetahui dan patuh dalam mengindahkannya.

“Dengan terbitnya Undang-Undang Pelayanan Publik, Penilaian Kepatuhan oleh Ombudsman tahun 2021, akan dilakukan penilaian kembali. Terlepas rencana dan tahapan penilaian kepatuhan yang sudah mulai berjalan, meskipun terbentur wabah Covid-19 yang membuat pelaku usaha dan masyakarat ikut terdampak,” katanya.

Ia menyampaikan, terkait dengan pelayanan publik diharapkan Kota Metro, harus tetap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi. Sehingga dengan kehadirannya, hanya bersifat pengingat untuk melakukan peningkatan inovasi dalam setiap pelayanan.

“Dengan begitu, saya berharap dengan kehadiran ini, masyarakat dipastikan betul-betul mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik. Jangan lagi Kota Metro belajar ke Kabupaten atau Provinsi lain kedepannya,” ucapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Walikota Metro Wahdi, mengatakan standar pelayanan kurang lebih 7 tahun belakangan, sudah mengantarkan kementerian/lembaga pusat dan daerah. Dimana dari hasil penilaian tersebut, Kota Metro mendapat predikat zona kuning, dengan nilai kepatuhan sedang yakni 79,17 % dengan peringkat ke 12.

“Kita masih perlu mengevaluasi kembali dan butuh meningkatan kembali kinerja yang lebih maksimal. Dengan bagitu kedepan Kota Metro mendapatkan predikat kepatuhan tinggi dan predikat terbaik,” tutupnya.

Diketahui, Ombudsman RI telah beberapa kali melakukan penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button