NEWS

Raih Nilai Tertinggi, Kota Metro Menuju Smart City

RADARMETRO.ID – Upaya Pemerintah Kota Metro dalam mewujudkan Smart City terus dikebut. Itu menyusul diraih peringkat tertinggi pada evaluasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) se-Provinsi Lampung.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia Nomor 1503 tahun 2021, tentang hasil Evaluasi SPBE pada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah tahun 2021.

Dikonfirmasi awak media, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Subehi melalui Kabid Informatika dan Persandian, Andi Setiyono membenarkannya. Ia mengakui, kini Metro telah maju satu tahap dalam merealisasi SPBE. Dimana dari hasil penilaian tersebut bahwa Metro berhasil memperoleh nilai tertinggi di tingkat Kabupaten/kota se Provinsi Lampung dengan nilai 2,14.

“Jadi, kita sudah semakin mendekati Smart City itu ya. Karena kan Smart City harus seluruh aspek pelayanan berbasis digital. Dan kita di beberapa pelayanan sudah mempunyai pelayanan digitalnya masing-masing,” jelasnya, Jumat (8/7/2022).

Menurutnya, dalam penilaian lain Kota Metro juga telah dinyatakan Lulus Asessment Smart City tahap Smart Goverment oleh Kementerian Kominfo RI. Dimana terdapat 47 kota yang juga dinyatakan Lulus. Ini berdasarkan Surat Edaran Kominfo RI No. B-349/DJAI/AI.01.02/06/2022, tentang penyampaian hasil asessment.

“Ya kita juga sudah dinyatakan lulus dari 67 kabupaten/kota yang mengikuti. Yakni hanya 47 yang dinyatakan lulus asessment itu,” terangnya.

Diakuinya, prestasi tersebut merupakan tahap awal Kota Metro menuju Smart City. Meski demikian sejumlah upaya juga akan terus dilakukan salah satunya pendigitalisasian seluruh pelayanan yang ada.

Ia mencontohkan, Mall Pelayanan Publik (MPP) yang tahun ini direncanakan didirikan. Nantinya pada mall tersebut juga akan menggunakan SPBE dan menjadi pendorong Kota Metro menuju Smart City.

“Jadi kalau kita sudah masuk ke Smart City, semua pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat akan lebih mudah lagi diakses. Bahkan bisa diakses dari rumah. Hanya tinggal menggunakan handphone dan mengunjungi website dari masing-masing pelayanan,” paparnya.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button