NEWS

Qomaru Ingatkan Pemuda Sikap Toleransi Antar Umat Beragama

RADARMETRO.ID – Pentingnya menjaga toleransi antar umat bergama menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Metro. Karenanya Walikota Metro Qomaru Zaman mengingatkan masyarakat khususnya para pemuda untuk menjaga sikap toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

“Saya berharap melalui kegiatan ini akan tercipta hubungan yang harmonis dan dinamis, rukun, dan damai diantara sesama umat beragama. Yaitu tercipta hubungan yang harmonis antara sesama umat dalam satu agama, antara umat yang berbeda agama dan antara umat beragama dengan pemerintah. Selain itu juga dapat bersinergi meningkatkan sinergitas dan kepedulian serta toleransi terhadap sesama,” pesan Qomaru saat membuka dialog pemuda lintas agama Kota Metro yang digelar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Metro di LEC Kartikatama Metro, Selasa (28/12/2021).

Ia mengatakan, dengan menjaga sikap toleransi maka akan dapat mempererat tali silaturahmi dan kerjasama antar tokoh lintas agama. Selain juga antar pemuda lintas agama dan pemerintah pada umumnya dalam rangka kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara.

“Kepada para pemuda peserta dialog pemuda lintas agama, agar mengisi Kota Metro dengan nilai-nilai berfikir dan kedewasaan dalam beragama. Saling menjaga Kota Metro dengan sebaik-baiknya, saling memahami perbedaan dan kekurangan, saling mengedukasi generasi kedepan dalam aspek nilai-nilai kebaikan,” paparnya.

Menurutnya, kerukunan umat beragama merupakan bagian terpenting dari kerukunan nasional. Dimana hal tersebut dapat terwujud apabila antar sesama umat beragama terjalin sikap yang dilandasi dengan semangat toleransi, saling pengertian, saling menghormati, dan menghargai dalam pengamalan ajaran agamanya dan bekerja sama dalam kehidupan bermasyarakat.

“Masalah yang menyangkut kehidupan beragama merupakan masalah yang sangat peka dan sensitif di masyarakat. Oleh karena itu kesepahaman dan kebersamaan FKUB dan pemuda lintas agama merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat merusak kerukunan hidup umat beragama di Kota Metro,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button