NEWS

Prof Edy Tekankan Rektor Harus Membangun Jaringan

RADARMETRO.ID – Sebagai salah satu contoh nyata pemimpin yang hebat, Universitas Muhammadiyah (UM) Metro hadirkan Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M. Ec. dalam acara Leadership Training yang dilaksanakan pada Selasa (08/02/2022).

Selain memenuhi undangan sebagai pemateri, Prof. Edy juga yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan pada acara pembukaan Leadership Training. Dalam sambutannya, ia menekankan bahwa Rektor maupun pimpinan yang lebih kecil tingkatannya harus membangun jaringan.

“Rektor jangan hanya di belakang kursi. Harus sering bepergian keluar untuk membangun jaringan. Hal ini dikarenakan dalam menuju Perguruan Tinggi dengan akreditasi yang baik harus ada implementasi kerja sama baik secara nasional mapun internasional,” tekan Prof. Edy.

Semakin banyak intensitas bepergian keluar, maka akan semakin banyak pula kesempatan untuk membangun jejaring.

Di tengah sambutannya, Prof. Edy menceritakan sedikit awal mula ia mendapat jabatan sebagai hasil dari membangun jaringan.

“Saya pernah menjadi Ketua Umum Asosiasi PTS se-Indonesia juga Ketua Forum Rektor itu bukan karena mencalonkan diri, namun by accident. Ya karena ada jejaring/ networking itu,” ujarnya.

Selaku Rektor Universitas Widya Mataram, Prof. Edy menegaskan untuk tidak takut menjadi pimpinan karena hal itu sebuah Amanah.

“Jangan takut menjadi Rektor, jangan takut menjadi pimpinan, jangan takut mendapatkan jabatan. Karena pada dasarnya jabatan ialah amanah.”

Ia berpendapat bahwa siapapun bisa menjadi pemimpin besar yang mampu mengelola kebijakan, menghadirkan solusi atas persoalan, dan hal itu bisa dicapai melalui pelatihan pelatihan kepemimpinan.

Terakhir sebelum memulai materi, Prof. Edy berpesan kepada seluruh peserta yang terdiri dari para pimpinan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Metro agar mengikuti kegiatanb Leadership Training dengan sungguh-sungguh.

“Mari kita saling berdiskusi, bertukar pikiran, open minded dalam rangka menuju UM Metro yang unggul, berdaya saing, berkemajuan, dan berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan,” tukasnya. (bungsu)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button