NEWS

Polres Metro Amankan 5 Terduga Sindikat Narkoba, Satu Orang Wanita

RADARMETRO.ID – Satnarkoba Polres Kota Metro berhasil membekuk lima terduga sindikat narkoba jenis ganja dan sabu-sabu. Kelima tersangka diamankan dalam 1 hari dengan waktu yang berbeda-beda.

Kelima tersangka diantaranya Hermawan Hidayat (27), Sadam Husni (26) dan Fitri Andayani (30) warga Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat. Lalu, Irnadi Ismanu (29) warga Rajabasa, Bandarlampung dan Nitanel Dethan (21) warga Metro Utara.

“Kelima pelaku ini ditangkap berdasarkan laporan masyarakat di tempat yang berbeda-beda. Kemudian tim melakukan pengembangan hingga akhirnya berhasil mengamankan lima tersangka satu diantaranya wanita,” beber Kepala Polres Kota Metro AKBP Yuni Iswandari Yuyun melalui Kasat Narkoba Polres Kota Metro AKP Suhery, Jumat (18/2/2022).

Ia mengungkapkan, penangkapan terduga pelaku sindikat narkoba tersebut berawal dari tertangkapnya tersangka Hermawan Hidayat. Dari tersangka tersebut ditemukan barang bukti berupa satu bungkus kertas pembungkus nasi warna cokelat, yang didalamnya berisikan daun kering diduga Ganja dengan berat kotor 58,15 gram ditemukan didalam kotak lampu merk MYVO. Lalu 3 lembar plastik klip bening yang diduga Shabu dengan berat kotor 0,47 gram, satu lembar potongan kertas koran berisikan Ganja dengan berat 4,01 gram yang ditemukan didalam tas selempang merk Game Over.

“Dari pengakuan tersangka Hermawan Hidayat mendapat sabu dari Irnandi. Lalu kami melakukan pengembangan sekitar jam 20.00 WIB dan berhasil menangkap Irnandi Ismanu dan Fitri Andayani di rumah kontrakan Jalan Teuku Umar Metro Pusat,” ungkapnya.

Dari tersangka Irnandi, lanjutnya, pihaknya mendapati 10 lembar plastik bening ukuran kecil yang masing masing berisi butiran kristal diduga sabu-sabu dengan total berat 2,72 gram. Sementara dari Fitri ditemukan dua perangkat alat hisap sabu dan satu pirex. Nah, dari TKP kita juga mengamankan satu pucuk senpi jenis revolver warna hitam bersama 10 butir amunisi aktif caliber 38 mm, satu amunisi aktif caliber 5,56 mm, dan satu selongsong peluru caliber 38 mm,” paparnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga melakukan pengembangan dengan menangkap tersangka Nitanel Dethan. “Jadi tersangka ini juga hasil pengembangan dari pelaku Hermawan terkait ganja. Kita bekuk sekitar pukul 03.30 WIB dini hari pada 16 Februari di Karang Rejo,” bebernya.

Dari tersangka Nitanel, lanjutnya, polisi berhasil mengamankan satu kantong plastik warna hitam. Di dalamnya berisi dua gulungan kertas nasi berisikan diduga ganja dengan berat 130,35 gram dari belakang lemari di dalam ruang dapur rumah tersangka.

Sementara itu, dari kelima tersangka, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa ganja seberat 192.51 gram, sabu-sabu 3,19 gram, dan satu senjata api berikut 15 butir amunisi caliber 5,56 mm dan 10 butir amunisi caliber 38 mm.

Ia menambahkan, untuk masing-masing tersangka tersebut dijerat dengan berbeda. Untuk pelaku Hermawan Hidayat disangkakan dengan Pasal 114 ayat (1) atau pasal 111 ayat (1) atau pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Lalu, Sadam Husni disangkakan pasal 112 ayat (1) atau pasal 127 ayat (1) UU RI no. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Kemudian, tersangka Irnandi Ismanu tengah diproses lebih Lanjut oleh Sat Narkoba Polres Metro dengan Pasal Sangkaan yaitu Pasal 114 ayat (1) atau Pasal 112 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2009 Tentang Narkotika.

Sedangkan tersangka Fitri Andayani disangkakan pasal 112 ayat (1) Jo pasal 132 ayat (1) UU RI no. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dan Nitanel Dethan disangkakan pasal 114 ayat (1) atau pasal 111 ayat (1) UU RI no. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button