NEWS

Peternakan Sapi Binaan Kodim 0411/KM Siap Suplai Pasaran

RADARMETRO.ID – Kelompok peternak sapi di Kabupaten Lampung Tengah binaan Kodim 0411/KM siapkan daging sapi kualitas terbaik untuk mengantisipasi lonjakan harga di pasaran menjelang hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah/ 2022 Masehi.

Puluhan sapi siap potong berasal dari Kampung Gayau Sakti dan Kampung Muji Rahayu Kecamatan Seputih Agung. Pembinaan rutin diperuntukkan agar para peternak sapi mendapatkan hasil yang memuaskan guna memenuhi ketahanan pangan jenis daging untuk masyarakat.

“Kunjungan ini sebagai silaturahmi sekaligus pengecekan keadaan dan situasi peternakan sapi binaan Kodim 0411/KM, agar nantinya sapi-sapi yang siap potong dapat diperuntukkan menetralisir lonjakan harga daging sapi dipasaran saat menjelang lebaran,” terang Dandim 0411/KM, Letkol Inf Sihono saat dikonfirmasi radarmetro.id ketika monitoring peternakan, Senin (25/4/2022).

Letkol Inf Sihono yang di dampingi oleh Danramil 411/TB Kapten Inf Gunawan mengungkapkan, kelompok peternak sapi yang berada pada dua Kampung tersebut di bawah tanggung jawab Kodim 0411/KM melalui Sertu Supriyanto yang juga bertugas di Makodim Kota Metro.

“Kedua kelompok ternak sapi tersebut dibawah binaan Sertu Supriyanto secara langsung, yang bertugas di Kodim 0411/KM,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Letkol Inf Sihono mengapresiasi para peternak sapi yang secara kekompakan berkelompok dalam memelihara sapi-sapi dengan baik untuk menyediakan daging berkualitas di pasaran.

“Saya apresiasi cara-cara seperti ini (berkelompok), akan menjadikan kita lebih kompak dalam segala hal. Baik itu dalam segi pengamanan hewan peliharaan, maupun perawatan. Sehingga hasil mutu dari hewan itu bisa terjamin,” ujarnya.

Diketahui, saat ini Kodim 0411/KM masih memiliki binaan sebanyak dua kelompok peternak sapi di satu Kecamatan Seputih Agung. Kedepannya Letkol Inf Sihono berharap hal tersebut menjadi percontohan bagi masyarakat lainnya, sehingga akan tumbuh kelompok baru di kemudian hari.

“Kelompok seperti ini patut kita jadikan contoh, harapan saya kedepan akan muncul lagi kelompok-kelompok ternak sapi di Kecamatan ini,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Deddy Kristianto, selaku penyuluh peternakan Kabupaten Lampung Tengah menilai produktivitas peternak alami peningkatan melalui kelompok yang bergerak bersama-sama dalam perawatan sapi yang berkualitas.

“Melalui kelompok seperti ini, produktivitas sapi akan lebih meningkat dengan baik,” ujarnya.

Ia juga memuji peran serta Kodim 0411/KM melalui Setu Supriyanto yang dapat membina kelompok peternak dengan semangat dan penuh pengabdian. Alhasil, masyarakat dapat merasakan manfaatnya untuk kesejahteraan mereka.

“Pembentukan kelompok ternak oleh Kodim 0411/KM melalui Sertu Supriyanto ini didasari dari modal yang sangat minim dan bentuk semangat pengabdian Sertu Supriyanto kepada masyarakat. Hasil sekarang sangat dirasakan manfaatnya oleh anggota yang tergabung dalam kelompok tersebut,” tutupnya.

Saat mengunjungi kelompok peternak, rombongan disambut drh Deddy Kristiyanto, Babinsa, Sertu Rochani, dan Serda Agus Suranto. Selain itu hadir juga Bhabinkamtibmas, Polsek Terbanggi Besar, Briptu M. Poppy Irawan, Kakam Mujirahayu, H Subandi, Gapoktan Mujirahayu, Pandiyono, Ustadz Sukamto, Tomas Dani Indrawan dan warga sekitar.

Kemudian rombongan adakan buka puasa bersama dilanjutkan sholat Magrib dan Isya serta Sholat Sunah Tarawih berjamaah yang diimami oleh Ustadz Sukamto. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button