NEWS

Persiapan Tahun Ajaran Baru, SDN 2 Metro Selatan Adakan IHT

RADARMETRO.ID – Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Metro Selatan mengadakan In House Training (IHT) untuk para guru selama dua hari guna persiapan menghadapi pembelajaran semester ganjil tahun ajaran 2022/2023, Selasa (21/06/2022).

Zuriyah, Kepala SD Negeri 2 Metro Selatan mengatakan, kegiatan tersebut menyasar guru sekolah tersebut yang setiap tahun diadakan saat libur sekolah. Kali ini, IHT SD Negeri 2 Metro Selatan dilaksanakan 21-22 Juni 2022 untuk mempersiapkan guru agar lebih bersemangat dalam mengajar.

“Karena dalam satu tahun pembelajaran mungkin kurang semangat, maka ibarat HP kita cash dengan kegiatan-kegiatan selama dua hari,” ujarnya kepada radarmetro.id.

Kegiatan saat libur semester genap tahun ajaran 2021/2022 itu juga menghadirkan berbagai narasumber untuk meningkatkan potensi guru saat mengajar.

“Pada kuncinya, selain itu mempersiapkan perangkat pembelajaran, kita juga ada materi-materi terkait kegiatan pembelajaran kita sehari-hari. Seperti yang sudah berlangsung kita mengundang Pemimpin Redaksi Radar Metro, Hermansyah untuk mengoreksi penulisan menggunakan EYD maupun tutur kata yang baik dan benar,” ungkapnya.

Selain itu, kata Zuriyah, kegiatan yang dilakukan selama dua hari itu juga mendatangkan narasumber kompeten untuk menyampaikan beberapa materi. Diantaranya, akan ada materi tentang tata bahasa EYD dalam proses pembelajaran, pelayanan prima, etos kerja, pelayanan anak inklusi, pembuatan perangkat pembelajaran, hingga perangkat pembelajaran berbasis kelanjutan.

Di sisi lain, kegiatan IHT juga dalam rangka menjalankan instruksi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro yang tidak meliburkan para guru di satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Metro.

“Sesuai dengn instruksi kadis, bahwa di hari libur ini bapak dan ibu guru tidak diliburkan atau tidak libur. Tujuannya, untuk mengadakan persiapan seperti IHT ini yang selanjutnya menyusun perangkat pembelajaran,” ujar Suyanto selaku Pengawas Pendidikan Tingkat SD se-Kecamatan Metro Selatan saat menghadiri pembukaan IHT.

Diharapkan oleh Suyanto, pasca libur para guru sudah siap mengajar, sehingga pembelajaran di kelas dapat berjalan secara maksimal.

“Sehingga pada tahun pembelajaran baru, guru itu sudah siap, tidak ada lagi yang menyusun perangkat pembelajaran.
Ya seperti silabus, RPP, kurikulum, program tahunan, dan program semester, serta program pengayaan dan remedial,” ungkapnya.

Pengawas Tingkat SD yang akan pensiun di akhir Juni itu turut menekankan agar pendidikan di Kota Metro, terkhusus di tingkat SD untuk mulai memaksimalkan media digital dalam pembelajaran.

“Soalnya kan sekarang zamannya sudah zaman digital, sehingga kita sebagai pelayan pendidikan (guru) minimal mampu mengikutinya. Kalau di tingkat SD sebetulnya bukan mulai dikenalkan, semenjak pandemi Covid-19 baik siswa maupun guru itu diharapkan memahami atau bisa mengoperasikan media digital,” tukasnya. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button