NEWS

Permudah Surat Menyurat, Diskominfo Gagas Aplikasi TNDE

RADARMETRO.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Metro menyiapkan aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE). Aplikasi ini sebagai implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

“Di sistem atau aplikasi TNDE ini nanti administrasi surat menyurat tidak lagi menggunakan hard kopi tapi dibuat secara elektronik. Jadi nanti melalui sistem atau berbasis android,” terang Kepala Diskominfo Kota Metro, Subehi, Jumat (11/2/2022).

Ia mengatakan, dengan sistem tersebut nantinya akan lebih mempercepat dalam proses surat menyurat di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Terlebih selama ini proses birokrasi yang harus dilalui juga cukup panjang dalam proses surat menyurat tersebut.

“Nah kalau dulu mungkin kalau kita buat surat dengan tandatangan Pak Wali kan mungkin bisa berhari-hari. Karena ada paraf yang berjenjang, belum lagi ditambah dengan banyaknya acara. Sehingga dengan sistem surat elektronik ini, dimanapun bisa mengontrol surat. Jadi surat yang dibuat bisa lebih cepat. Selain itu juga menghemat kertas,” katanya.

Ia mengatakan, dalam sistem tersebut nantinya tandatangan surat akan dibuat secara elektronik. Terlebih Pemkot Metro juga telah menandatangan kerjasama dengan Badan Siber Sandi Negara mengenai sistem elektronik tersebut.

“Jadi nanti tidak lagi pakai tandatangan basah, tapi dengan QR dari Badan Cyber Sandi Negara. Artinya tandatangan ini bisa lebih aman, menjamin untuk tidak dipalsukan dan tidak disalahgunakan. Karena dengan tandatangan elektronik ini benar-benar dilindungi dari pemalsuan,” ungkapnya.

Menurutnya, aplikasi tersebut ditargetkan Maret ini akan dilakukan uji coba. Sebagai contohnya akan dimulai dari Diskominfo. Kemudian nanti akan dilihat dan dievaluasi baru selanjutnya akan diimplementasikan ke seluruh OPD se-Kota Metro.

“Jadi kita akan melihat sejauh mana implementasinya. Kalau ada hambatan kita akan perbaiki. Nanti kalau sudah lancar dan tidak ada masalah baru akan kita lounching untuk seluruh OPD se-Kota Metro. Bahkan kelurahan pun sudah diproses untuk tandatangan elektroniknya. Untuk sementara ini baru 3 pejabat yang sudah kita buatkan tandatangan elektroniknya. Baru Pak Wali, Pak Wakil dan Pak Sekda. Tapi yang akan datang seluruh pejabat atau kepala OPD akan kita buatkan tandatangan elektroniknya. Jadi apapun nanti sudah tidak lagi berbentuk surat hard kopi atau kertas tapi elektronik,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button