NEWS

Periksa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, BPK Siap Turun ke Metro

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro memastikan siap mengikuti pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Itu menyusul digelarnya Entry Meeting pemeriksaan LKPD secara virtual di Official Room (OR) Setda Kota Metro.

“Jadi BPK itu Badan Pemeriksa Keuangan, yang menentukan apakah penyelenggaraan keuangan yang dilakukan pemerintah daerah sudah sesuai. Jadi hanya mengumpulkan kepala daerah semua. Ini lo kami mau masuk,” terang Walikota Metro Wahdi dikonfirmasi radarmetro.id usai mengikuti Entry Meeting pemeriksaan LKPD, Rabu (2/2/2022).

Meski demikian, Wahdi memastikan, bahwa Pemkot Metro siap mengikuti seluruh aturan dan prosedur yang ditetapkan. Ini teutama dalam pelaporan LKPD tersebut. “Jadi dinilai. Kota Metro siap,” ungkapnya.

Diketahui, BPK Perwakilan Provinsi Lampung mengadakan kegiatan Entry Meeting bersama seluruh pemerintah daerah di Lampung mengenak pemeriksaan LKPD. Entry Rapat tersebut dilaksanakan secara virtual dalam rangka mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Kegiatan ini diikuti oleh kepala daerah atau yang mewakili, Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala Dinas/Badan/Kantor, serta Pejabat Struktural Pemerintah Daerah di 16 entitas pemeriksaan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPK Lampung, Andri Yogama dalam menyampaikan bahwa sesuai dengan ketentuan dalam UU Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, BPK akan melaksanakan pemeriksaan keuangan dalam rangka opini tentang tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan pemerintah.

Pemeriksaan keuangan tidak untuk mengungkapkan adanya penyimpangan (fraud) dalam pengelolaan keuangan. Meski demikian, jika pemeriksa menemukan adanya penyimpangan, pelanggaran atau pelanggaran terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, khususnya yang berdampak adanya potensi dan indikasi kerugian negara, maka hal ini akan diungkapkan dalam LHP.

Sesuai jadwal pemeriksaan Laporan Keuangan tersebut akan dilaksanakan dalam dua periode waktu yang dimulai pada 7 Februari 2022 selama 35 atau 40 hari. Sebelum terbitnya LKPD Unaudited dari pemerintah daerah, BPK Perwakilan Provinsi Lampung akan melakukan pemeriksaan sementara. Selanjutnya setelah LKPD Terbit tidak diaudit, maka akan melaksanakan pemeriksaan terinci selama lebih dari 30 hari. Pemeriksaan akan dilaksanakan secara offline, tetapi jika ada perkembangan situasi di lapangan yang dapat mempengaruhi audit tim kesehatan, maka pemeriksaan akan dilaksanakan secara berani (online) dengan menggunakan prosedur alternatif. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button