NEWS

Percasi Metro Apresiasi Pecatur Asal SCM, Porprov 2022 Target Emas

RADARMETRO.ID – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Metro apresiasi pencapaian besar Sekolah Catur Metro (SCM) dalam membina bibit-bibit unggul dalam dunia percaturan, lantaran telah mengharumkan nama baik Kota Metro.

Kali ini, Kurnia Ramadhan alias Rama pecatur andalan Metro yang diketahui juga sebagai asisten coach SCM berhasil membawa pulang Juara 3 dalam ajang bergengsi perebutan Piala Ketua PERCASI Lampung yang diselenggarakan sejak Rabu 8-9 Juni 2022 di di Universitas Lampung (Unila).

Hal tersebut disampaikan Ketua Percasi Metro, Anna Morinda saat dikonfirmasi radarmetro.id pasca kepulangan Tim SCM dari kejuaraan tersebut, Kamis (9/6/2022).

Menurut Anna keberhasilan Rama dalam Kategori Catur Mahasiswa di kejuaraan tersebut patut diapresiasi terlebih-lebih oleh Pemerintah Kota Metro. Ia melihat keberhasilan Rama juga keberhasilan Sekolah Catur Metro (SCM).

“Keberhasilan rama patut diapresiasi, ini menunjukan pembinaan tim junior Metro berjalan dengan baik,” kata Anna.

Ketua Percasi optimis event selanjutnya dalam gelaran Porprov 2022, pecatur Metro bisa membawa pulang medali emas. Namun hal tersebut menurutnya harus dipersiapkan sejak saat ini.

“Sebagai persiapan untuk Porprov bulan November mendatang, dengan target medali emas untuk catur Metro,” ujarnya.

Di sisi lain, Setiawan selaku coach SCM mengakui keberhasilan Rama dalam menggapai juara III tidak mudah. Ia mengatakan, pecatur kategori mahasiswa pertarungan lebih sengit selayaknya pada saat perhelatan Sea Games 2022 yang notabene pecatur lebih banyak dari kalangan pemuda atau mahasiswa.

Diketahui, Rama yang merupakan mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) itu hanya menelan kekalahan sekali dari tujuh babak yang dijalani. Bahkan saat memasuki babak ke enam, Rama sanggup mengalahkan pemegang Juara 1 yakni Fikri mahasiswa dari Universitas Bandar Lampung (UBL).

Sangat disayangkan pada akhir penghitungan nilai keseluruhan poin yang didapatkan, Rama hanya menepati peringakat tiga dan berhak atas hadiah yang dipersiapkan pihak panitia.

“Pencapaian Rama sudah sesuai target yaitu menggapai podium. Karena memang persaingan di kelas mahasiswa lebih ketat dari pada kelas umum,” kata coach Setiawan kepada radarmetro.id.

Berdasarkan informasi yang dihimpun radarmetro.id, perebutan piala ketua Percasi Lampung sampai babak akhir tercatat ada tiga juara di kelas mahasiswa. Mereka mendapatkan piala dan hadiah lain, salah satunya akan diberangkatkan pada kejuaraan Asian Champoinship, Bali. Ketiga mahasiswa diantaranya, Juara 1 diraih oleh Fikri mahasiswa asal UBL, Juara 2 diraih oleh Oggie mahasiswa UIN RIL, sedangkan Juara 3 diraih Rama mahasiswa ITERA.

Sekolah Catur Metro (SCM) tidak hanya menurunkan pecatur tingkat mahasiswa. Coach Setiawan turut membawa pecatur junior u16 yakni Davin, Ferrell, Boaz, Ridwan, si kecil Michael dan satu-satunya pecatur putri di Kategori Junior yakni azzura.

Dari hasil akhir, Setiawan mengakui pada kategori junior banyak ditempati pecatur yang berasal dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Lampung. Sementara itu pecatur SCM, mereka yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD).

“Pemain SCM yang mayoritas kelas SD harus menghadapi lawan yang SMA dan SMP. Tapi Ridwan berhasil masuk 10 besar di peringkat 9 dari 28 peserta kelompok junior,” terangnya.

Sementara itu, SCM pada Kelas Umum menurunkan 7 pecatur, pecatur didikan coach Setiawan puas menempati 5 besar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun radarmetro.id kejuaraan tingkat Provinsi yang memperebutkan Piala Ketua PERCASI Lampung diselenggarakan atas kerjasama UNILA dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Percasi Lampung.

Kejuaraan catur se-Lampung berlangsung di Kampus UNILA sejak tanggal 8-9 Juni 2022. Dalam kejuaraan tersebut setidaknya memperlombakan tiga Kategori yakni, Kategori Junior, Kategori Mahasiswa dan Kategori Umum. Turnamen yang dibuka secara langsung oleh ketua PB Percasi GM, Drs Utut Adianto, diikuti lebih dari 100 peserta.

Ketua PB Percasi berjanji akan membawa pemegang juara dalam Turnamen Catur kali ini pada ajang catur Asian Champoinship yang akan digelar di Bali.

“Untuk juara Kategori Mahasiswa dan Junior di kirim ke turnamen catur asian champoinship akhir tahun ini di mana bali sebagai tuan rumahnya,” ujarnya saat prosesi pembukaan kejuaraan tersebut, Rabu (8/6) kemarin. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button