NEWS

Penyebab Kebakaran Kantor Disdikbud Diduga dari Korsleting AC

RADARMETRO.ID – Peristiwa kebakaran di Lantai II Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Didikbud) Kota Metro diduga lantaran korsleting Air Conditioner (AC). Kebakaran terjadi sekitar pukul 13.30 WIB, Kamis (27/1/2022).

Pantauan di lapangan, kepulan asap tampak membumbung tinggi di aula lantai II tersebut. Dua mobil pemadam kebakaran juga dikerahkan untuk menjinakkan api. Sementara itu, puluhan warga tampak melihat lokasi kebakaran di pusat pendidikan tersebut. Api berhasil dijinakkan setelah 15 menit petugas melakukan pemadaman.

Kepala Disdikbud Kota Metro, Suwandi menjelaskan, di lokasi gedung tersebut ada 2 AC dan kursi 2 yang terbakar. Namun pihaknya belum mengetahui berapa total kerugian tersebut. “Tapi nanti akan kita hitung berapa nilainya. Di aula ini tidak ada aktifitas apa-apa. Penyebabnya belum diketahui. Tapi tidak ada dokumen penting yang terbakar. Untuk kegunaannya biasa aula untuk rapat-rapat,” jelasnya.

Senada dikatakan Irwan Kabid Tenaga Kependidikan Disdikbud Kota Metro. Ia mengatakan, peristiwa kebakaran tersebut diduga terjadi lantaran dari AC. Diduga AC tersebut sudah tua lantaran termakan usia. “Kejadian di Lantai II, awal dari AC karena sudah termakan usia. Mungkin konslet terus menimbulkan percikan api dan membakar barang-barang di lokasi,” ungkapnya.

Menurut Jaka Staf Disdikbud, peristiwa kebakaran tersebut diketahuinya ketika ia sedang mengobrol bersama teman lainnya. Kemudian ia mendengar ledakan besar. “Kita dengar suara terus ngecek ke belakang gak ada apa-apa. Kita juga nggak tahu dari mana. Orang-orang pada turun dan melihat ke atas terus teriak kebakaran. Mereka pada lari ke bawah semua,” terangnya.

Ia mengatakan, suara ledakan tersebut terjadi satu kali. Namun suara ledakan tersebut terdengar cukup keras, sehingga mengagetkan semua pegawai. “Ledakannya sekali tapi gede banget. Iya dari AC. Memang ruangannya kosong, cuma ada kursi-kursi tidak ada barang lainnya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Metro Imron menjelaskan, peristiwa kebakaran tersebut diduga berasal dari AC. Dari peristiwa kebakaran tersebut bagian plapon atap gedung terbakar. “Sudah dipadamkan itu. Informasinya dari AC. Tapi belum kemana-mana, baru plapon saja,” katanya.

Ia mengungkapkan, dalam peristiwa tersebut pihaknya telah menerjunkan 14 personel dengan 2 unit mobil damkar. “Kita menerima laporan kurang lebih 13.30 WIB. Lima belas menit kita sampai sini. Dan Alhamdulillah bisa dipadamkan sekitar 10-15 menit. Saya lihat lumayan, karena gedung bagian atas terbuat dari kayu sehingga cepat terbakar. Karena itu dilantai II, kalau penyebab kebakaran dari alat elektronik yang ada,” bebernya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button