NEWS

Pencegahan Konflik Sosial, Kodim 0411/KM Adakan Binkom

RADARMETRO.ID – Komando Distrik Militer (Kodim) 0411/KM mengadakan Pembinaan Komunikasi (Binkom) dengan mengusung tema Sinergitas Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konfil Sosial di Aula Pamungkas Makodim 0411/KM, Jalan Veteran Bd.22, Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, Selasa (12/4/2022).

Dalam sambutannya, Dandim 0411/KM, Letkol Inf Sihono menyoroti terkait adanya demonstrasi mahasiswa di berbagai daerah se-Indonesia.

“Kita ketahui bahwasannya situasi Wilayah Indonesia saat ini masih terlihat agak memanas dengan adanya aksi unras yang dilakukan hampir di seluruh kota-kota di Indonesia,” ucapnya.

Lanjutnya, Letkol Inf Sihono juga berharap melalui jalinan media komunikasi yang baik diharapkan berguna untuk mendeteksi gerakan masa demonstrasi sejak dini untuk menjaga daerah binaan khususnya Kota Metro agar kondusif.

“Kami berharap agar kordinasi yang baik tetap terjaga di bidang komunikasi, sehingga apapun kejadian yang terjadi di wilayah binaan meliputi Kota Metro dan Kabupaten Lamteng bisa terdeteksi sedari dini, bila itu terus kita pertahankan maka wilayah binaan Kodim 0411/KM diharapkan terjaga kekondusifannya,” tambahnya.

Letkol Inf Sihono menitipkan badan Intelijen melalui jaringan yang ada agar berperan dalam menetralisir provokasi yang ada di masyarakat.

“Jaring Intel harus tetap terbina dan terus saling berkomunikasi agar bisa menetralisir keadaan di masyarakat dari provokasi berita-berita yang tidak benar atau Hoax,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, As Intel Kasad Mayjen TNI Suko Pranoto melalui Pabandya Bin Up, Apintel Letkol Inf Imir Faishal menerangkan akan Pembangunan Nasional melibatkan seluruh elemen masyarakat. Sehingga konflik dapat dinetralisir untuk tidak menjalar berakibat kerugian harta benda, kerusakan lingkungan, bahkan berjatuhan korban jiwa.

“Para hadirin yang saya banggakan Sejak Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 hingga sekarang, keberlangsungan penyelenggaraan Pembangunan Nasional tidak pernah bebas dari Keamanan. Berbagai gejolak ancaman yang membahayakan Keamanan Nasional, mulai dari Pemberontakan, Separatisme, Terorisme, kerusuhan hingga terjadi konflik sosial menjadi pengalaman buruk yang mengakibatkan terganggunya Stabilitas Keamanan Nasional. Gejolak konflik tersebut, terbukti telah mengakibatkan hilangnya rasa aman, timbulnya rasa takut masyarakat, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, korban jiwa dan trauma psikologis seperti dendam, benci, dan antipati, sehingga menghambat terwujudnya kesejahteraan umum”.

Lebih lanjut, Letkol Inf Imir Faishal juga menyoal adanya konflik berakibat panjang. Dimulai dari pencegahan konflik, sat terjadinya konflik sampai pemulihan pasca konflik juga harus dibina bersama.

“Konflik bisa muncul dari mana saja, baik dari karakteristik individu, masyarakat, kelompok, interaksi sosial, serta terjadinya ketimpangan dan kelangkaan. Kita masih mengingat pada awal Pandemi Covid-19 hampir diseluruh wilayah Indonesia terjadi kelangkaan masker. Bahkan saat ini pun kita sedang mengalami peningkatan harga beberapa bahan pokok yang diakibatkan oleh pengaruh global. Kita patut bersyukur dalam setiap konflik yang terjadi, pemerintah bersama elemen masyarakat secara cepat dapat mengatasinya dengan baik sehingga konflik tidak berkembang luas sehingga upaya preventif dapat ditempuh guna menghindari kerugian. Ketiga. Ikuti kegiatan dengan motivasi dan semangat tinggi. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya kegiatan ini serta jadikan sebagai wahana untuk mendiskusikan solusi terhadap persoalan di wilayah dilakukan secara sistematis dan terencana dalam situasi dan peristiwa baik sebelum, pada saat, maupun sesudah terjadi konflik yang mencakup pencegahan konflik, penghentian konflik dan pemulihan pasca konflik,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Binkom Kodim 0411/KM sebagai upaya yang preventif dalam pencegahan konflik sosial.

“Selanjutnya pencegahan konflik dilakukan dengan upaya memelihara kondisi damai dalam masyarakat, mengembangkan sistem penyelesaian perselisihan secara damai, meredam potensi konflik serta membangun sistem peringatan dini. Kegiatan Binkom cegah konflik sosial di wilayah Kodim 0411/Kota Metro, merupakan salah satu upaya preventif melalui metode ceramah dan tanya jawab. Selama kegiatan para peserta akan menerima pemaparan materi dari para narasumber dengan tema “Sinergitas komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial,” tambahnya.

Ada beberapa penekanan yang perlu dipedomani oleh para jaring intel dalam berkehidupan dimasyarakat.

“Kita segenap komponen bangsa selalu bekerja sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah situasi yang sedang dilanda berbagai permasalahan, segera laporkan kepada pihak yang berwenang apabila terdapat hal-hal yang mengarah pada potensi konflik di sekitar tempat tinggal,” pesan Letkol Inf Imir Faishal.

Menurut data yang dihimpunan radarmetro.id, kegiatan Binkom Kodim 0411/KM diikuti sekitar 80 orang warga masyarakat sekaligus jaring intel teritorial ini dihadiri oleh Pabandya Bin Up Apintel Si Intelad Letkol Inf Imir Faisal didampingi Kaur Data Kapten Cpl Martrias Aditya dan Sertu Yogi Nurwanto.

Sementara Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono didampingi oleh Kasdim Mayor Inf Bagus Setiawan, Pasi Intel Kapten Inf Tri Yuli P, Kaban Kesbangpol Metro Dra Rosita, dan Kabid Wasnas Heri Hendarto.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button