NEWS

Pemkot Metro Pastikan Tak Hapuskan Gelaran Festival Putri Nuban

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota (Metro) memastikan tidak menghapus gelaran Festival Putri Nuban dalam perayaan Hari Jadi Kota Metro ke-85 mendatang. Pasalnya, gelaran Festival Putri Nuban tersebut akan diselenggarakan dalam rangkaian Festival Bumi Sai Wawai.

Demikian disampaikan Kepal Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Metro, Subehi, Jumat (27/5/2022). Ia mengatakan, bahwa berdasarkan, gelaran Festival Bumi Sai Wawai tersebut diselenggarakan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 1 Tahun 1999 tentang Lambang Daerah. Kemudian, Peraturan Dasar Kota Metro Nomor 11 Tahun 2002 tentang Hari Jadi Kota Metro, dan Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 8 Tahun 2017 tentang Pemeliharaan dan Pelestarian Budaya Lampung.

“Sebelumnya Kota Metro pernah menyelenggarakan Festival Budaya Daerah dalam rangka Festival Kota Metro Tahun 2017. Acara ini melibatkan seluruh sanggar seni yang ada di Kota Metro yaitu Bali, Reog, Sumatra Barat, Batak, Lampung dan Tionghoa. Festival ini bernama Festival Budaya Daerah dan tidak menyebut secara khusus Festival Putri Nuban,” terangnya.

Ia menjelaskan, pada Festival Bumi Sai Wawai tersebut rencananya akan digelar seluruh festival baik musik, budaya, maupun UMKM. “Nah festival Bumi Sai Wawai Kota Metro itu sendiri sudah mencakup semua, dari festival musik, budaya, dan juga Festival Putri Nuban itu menjadi satu kesatuan,” paparnya.

Menurutnya, Festival Bumi Sai Wawai itu berdasarkan pada logo Kota Metro. Fimana logo tersebut tertuang ke dalam Perda Kota Nomor 1 tahun 1999 Metro. “Jadi, Bumi Sai Wawai itu bukan kalimat yang baru kita dengar ya. Kita sudah mendengar kalimat itu sudah lama,” ujarnya.

Sementara, untuk gelaran adat itu pula sudah sesuai dengan ketentuan adat. Ia mengaku bahwa dalam gelaran tersebut juga akan melibatkan Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) di Kota Metro.

“Jadi kita tetap lakukan gelaran adat itu dan tidak ada festival yang dihapuskan. Justru kita lebih komplek lagi dengan kita taruh juga di agendanya festival musik, festival UMKM dan lain sebagainya. Jadi semuanya lengkap,” tukasnya.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button