NEWS

Pemkot Metro Berikan Layanan KB Gratis, Faskes Bisa Klaim Biaya ke Dinas

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) memberikan pelayanan KB gratis bagi seluruh masyarakat di Bumi Sai Wawai. Pelayanan KB gratis tersebut dapat diberikan melalui masing-masing fasilitas kesehatan (Faskes).

Demikian disampaikan Kepala P3AP2KB Kota Metro, Prayetno usai memimpin rapat pembahasan perjanjian kerjasama antara Faskes dengan DP3AP2KB di kantor dinas setempat, Kamis (14/4/2022). Ia menjelaskan, pelayanan KB gratis tersebut dapat diberikan masing-masing Faskes. Nantinya Faskes dapat mengklaim biaya yang dikeluarkan ke dinas setempat.

“Jadi hari ini kita telah berkoordinasi dengan faskes untuk memperjelas mekanisme klaimnya. Kita juga membahas perjanjian kerjasama antara fasilitas kesehatan dalam memberikan pelayanan KB,” katanya.

Menurutnya, pembahasan tersebut dilakukan mengingat adanya perubahan mekanisme klaim tersebut. Bila sebelumnya klaim faskes dilakukan langsung ke BPJS Kesehatan, kini tidak lagi.

“Mekanismenya ketika ada pasien ke faskes, mereka akan dilayani secara gratis, nanti faskes akan klaim ke kita. Jadi, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan KB di kota kita semuanya gratis,” tambahnya.

Ia berharap dengan pelayanan KB gratis tersebut masih bisa terbantu. Ini terutama bagi masyarakat yang kurang mampu. “Harapannya dapat terlaksana dan dirasakan oleh seluruh masyarakat Metro. Karena memang dana kita terbilang terbatas,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button