NEWS

Pekan Laudato Si 2022, Ratusan Siswa Yos Sudarso Kampanyekan Tolak Sampah Plastik

RADARMETRO.ID – Seluruh elemen Yayasan Yos Sudarso, Kota Metro memperingati Pekan Laudato Si dengan gerakan bersih-bersih lingkungan serta mendeklarasikan aksi menolak sampah plastik sekali pakai. Ratusan siswa SMP, SMA Yos Sudarso, Guru dan Tenaga Kependidikan (Tendik) membersihkan sampah di lingkungan sekolah, jalan hingga Samber Park, Jumat (27/5/2022).

Berdasarkan pantauan radarmetro.id di lokasi, kegiatan Pekan Laudato Si atau Pekan Cinta Lingkungan yang dimulai sejak pagi hari, sekira pukul 08.00 WIB. Diawali dengan melakukan senam bersama antara siswa-siswi SMA dan SMP Yos Sudarso, Metro.

Dilanjutkan pengarahan dalam hal ini turut mengundang Suster Vincensia HK dan Meriam HK, selaku Tenaga Ahli Gerakan Lingkungan Hidup. Kegiatan berlanjut dengan membersihkan halaman sekolah yang berada di Jalan Gang Lawu No.42, Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro.

Kemudian, ratusan massa dari seluruh elemen Yayasan Yos Sudarso melakukan long march menuju Samber Park untuk mendeklarasikan aksi penolakan sampah plastik sekali pakai di lingkungan Kota Metro. Sepanjang jalan, massa turut memungut sampah yang berserakan pada ruas jalan yang mereka lalui untuk dikumpulkan dan selanjutnya dibuang pada tempatnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dibubuhkanya tandatangan dari berbagai unsur masyarakat sebagai bentuk deklarasi kampanye penolakan penggunaan sampah plastik sekali pakai yang berlangsung di Samber Park, Kota Metro.

“Kami dari tadi pagi melakukan gerakan bersih-bersih sampah plastik yang dimuli dari sekolah ini di SMP dan SMA, sambil berjalan kami mengambili sampah-sampah plastik sampai lapangan samber dan kami bersih-bersih di sana,” keterangan salah seorang pendamping, Frater Yohanes Ferry Ariyanto SCJ kepada radarmetro.id.

Selain itu, Kepala Sekolah SMA Yos Sudarso, Romo Albertus Joni SCJ mengungkapkan kegiatan Pekan Laudato Si yang turut melibatkan seluruh elemen Yos Sudarso kali ini dalam rangka menjalankan amanah Paus Fransiskus sebagai Pimpinan Gereja Katolik tertinggi di dunia untuk menjaga dan mencintai lingkungan khususnya di Kota Metro.

“Kita sedang melakukan apa yang dipesankan oleh Paus Fransiskus pemimpin Gereja Katolik tertinggi di dunia untuk melakukan Pekan Laudato Si, yaitu Pekan Gerakan Cinta Lingkungan Hidup,” ujarnya.

Pria yang lebih akrab dipanggil Romo Koko mengungkapkan kegiatan tersebut melibatkan massa kurang lebih sejumlah 380 orang yang berasal dari siswa siswi SMP dan SMA, serta guru dan tenaga kependidikan (Tendik) Yos Sudarso untuk membersihkan sampah plastik di lingkungan sekolah dan berujung di Samber Park, Kota Metro.

“Yang terlibat tadi ada sekitar 380 siswa dari SMP dan SMA kelas tujuh dan delapan, serta kelas sepuluh dan sebelas bersama-sama dengan guru dan tendik membersihkan sampah plastik. Kita jalan kaki, mulai dari area sekolah sampai Lapangan Samber,” tambahnya.

Lebih lanjut, Yos Sudarso memili komitmen untuk memperingati Pekan Laudato Si setiap tahun di bulan Mei. Pada tahun 2022 ini tema yang diangkat yakni konsientisasi untuk menolak sampah plastik sekali pakai.

“Kita merencanakan setiap Pekan Laudato Si yang jatuh tepat di penghujung Mei, setiap tahunnya kita akan melakukan hal yang serupa namun dengan tema yang berbeda-beda,” kata Romo Koko.

Ia juga berharap keterlibatan siswa-siswi sebagai pembelajaran untuk menghilangkan budaya penggunaan sampah plastik sekali pakai. Selain itu kegiatan tersebut sebagai gerakan serius menyadarkan masyarakat Kota Metro untuk bersama-sama mengurangi penggunaan sampah plastik yang sangat berdampak buruk di lingkungan.

“Harapan adanya gerakan semacam ini semakin banyak orang sadar bahwa kita saat ini sedang memasuki satu tahap yang sangat kritis untuk lingkungan alam kita. Belakangan ini terasa panas, musim panen tidak tertebak lagi, dan banyak betul perubahan iklim yang dirasakan personal maupun komunal,” tuturnya

“Selain itu kampanye siswa ini dapat membantu kita terutama dari generasi yang lebih tua untuk serius menggarap lingkungan hidup, cinta alam, cinta bumi mulai dengan mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai,” pungkasnya.

Dari pantauan radarmetro.id saat berlangsungnya kegiatan tersebut, sekira pukul 10.30 WIB siswa-siswi SMP, SMA serta guru dan Tendik Yos Sudarso yang berkumpul di Samber Park, Kota Metro melakukan long march kembali menuju sekolah. Dengan banyaknya massa yang terlibat, sempat menyendat arus kendaraan di beberapa persimpangan jalan. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button