NEWS

Pekan Keempat Kejuaraan Festival Catur Metro 2021, Mempertandingkan Atlet Tingkat Mahasiswa

RADARMETRO.ID – Kejuaraan Festival Catur Metro 2021 yang diadakan oleh Radar Metro berkolaborasi dengan Sekolah Catur Metro (SCM) sudah memasuki pekan keempat yang akan mempertemukan berbagai macam atlet catur tingkat mahasiswa se-Kota Metro dan sekitarnya di Graha Pena Radar Metro, Jalan Brigjend Katamso Nomor 18, Ganjarasri, Sabtu (4/12/2021).

Melalui coach Setiawan selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut, perlombaan ini untuk menggali potensi, minat, dan bakat pecatur dari Kota Metro dan sekitarnya yang menjangkau berbagai tingkatan. SCM sudah mengantongi atlet unggul dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan juga Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui Kejuaraan Festival Catur Metro 2021.

“Kita sudah memasuki pekan keempat, ini untuk mahasiswa. Kemarin kita sudah mendapatkan juara-juara di tingkat SD, SMP, dan SMA se-Kota Metro. Ada juga yang berasal dari luar Kota Metro,” ungkapnya.

Dalam pekan keempat ini juga terjadi hal yang serupa, terdapat mahasiswa yang berasal dari luar Kota Metro.

“Partisipasi dari luar Metro juga ada, pecatur dari UIN, UNU Lampung, dan ada yang lain juga,” terangnya.

Atlet yang bertanding berjumlah 28 atlet catur dari berbagai instansi perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Kejuaraan Festival Catur Metro 2021 kali ini menggunakan sistem swiss mendapatkan pemenangnya. Panitia menyiapkan hadiah untuk juara 1, 2, dan 3, selain itu juga untuk juara harapan 1, 2, dan 3.

Antusias atlet catur yang sedari pagi sudah mendatangi Graha Pena Radar Metro, mereka sangat bersemangat dan optimis karena ini merupakan ajang bagi mereka untuk melatih mental sekaligus skill caturnya. M Faqihudin Al Bisri akrab dipanggil (Al) mahasiswa IAIN Metro jurusan matematika mengakui akan sangat berat karena banyak pecatur andal di tingkatan mahasiswa.

“Pasti ini sangat menarik dan berat ya, sebagai awal untuk melatih skill dan mental permainan catur, siapa tahu nantinya ada perlombaan di kampus kan sudah ada bekal pengalaman. Nanti kedepannya jikalau ada perlombaan bakal ikut lagi,” ungkapnya.

Hal yang lain diungkapkan oleh Nova Windarti pecatur yang berasal dari perguruan tinggi kesehatan Poltekkes Kota Metro, mengaku bahwa perlombaan ini sekaligus mengawali vakumnya dalam mempelajari permainan catur yang sudah lama tidak diasah.

“Kegiatan ini banyak mendapatkan pelajaran dari lawan-lawan, karena sejak SMA saya bermain catur dan kali ini sebagai mahasiswa kembali bermain catur di perlombaan,” tuturnya.

Yang menarik pada pekan keempat ini, 2 pecatur berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memberanikan diri turun bertanding untuk melawan pecatur di tingkatan mahasiswa. Sedangkan untuk mahasiswa sebanyak 18 orang dan mahasiswi 5 orang. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button