NEWS

Pasca Kabel Putus di Jalan Budi Utomo, PLN Metro : Mobilnya Yang Ketinggian

RADARMETRO.ID – Kabel jaringan arus listrik yang membentang di atas Jalan Budi Utomo, Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro, putus pada Kamis (30/6/2022) malam sekira pukul 20.30 WIB.

Unit Layanan Pengguna (ULP) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Metro membenarkan adanya putus kabel jaringan arus listrik yang disinyalir tersambar kendaraan tronton bermuatan eskavator saat melintasi jalanan tersebut.

“Ya betul itu semalam ada putus kabel karena kesambar mobil tinggi ya, dan tim kita memperbaikinya langsung di lokasi,” ujar Chairul Rahman, selaku Supervisor ULP PLN saat dikonfirmasi radarmetro.id, Jumat (1/7/2022).

Chairul juga akan memastikan kembali ketinggian kabel di lokasi. Apabila terlalu rendah, maka akan dilakukan pembenahan lebih lanjut dengan pengangkatan ketinggian kabel hingga penambahan ketinggian tiang jaringan tegangan rendah (JTR).

“Ya memang ada beberapa tiang yang tingginya berbeda ya, tergantung kontruksi tinggi tanahnya. Itu sudah standar dari kami, untuk jaringan tegangan rendah dan jaringan tegangan tinggi beda memang,” ungkapnya.

Sementara itu, kata Chairul, di lokasi kejadian ketinggian kabel mencapai 9 meter yang dihubungkan dengan dua tiang. Masing-masing tiang memiliki ketinggian 11 meter dan 9 meter.

“Itu yang di sawah itu kita menggunakan tiang jaringan 11 meter, sementara yang diatas itu kita menggunakan tiang jaringan rendah 9 meter,” tambahnya.

Lebih lanjut, Chairul juga mengimbau agar pengendara mobil muatan selalu melengkapi pengaman khusus saat melintasi jalanan yang terdapat rangkaian kabel arus listrik.

“Kalau untuk mobil yang tinggi biasanya ada pengamanannya ya, berupa selang atau yang lain itu untuk lebih hati-hati, karena rawan menyangkut di JTR yang di atas di jalanan,” imbuhnya.

Dari kejadian itu, Chairul berjanji akan memaksimalkan perawatan kedepannya agar hal serupa tidak terjadi kembali di daerah jaringan PLN Kota Metro. Ia juga telah menerima beberapa laporan terkait pepohonan yang dapat menggangu kabel jaringan arus listrik dan akan segera menindaklanjutinya.

“Kalau pohon yang kena jaringan kita, nanti ada tim sendiri dari kita untuk pemeliharaannya, Untuk penerbangan pohon-pohon yang itu bisa menggangu, kita tetap koordinasikan dengan Dinas Tata Kota. Kita tidak bisa sembarangan menebang sendiri,” tukasnya. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button