NEWS

Papua Merangkul Dosen UM Metro Menjadi Narasumber

Dosen Universitas Muhammadiyah (UM) Metro menjadi narasumber Bimbingan Teknologi (Bimtek) penguatan kurikulum merdeka di Papua.

Kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Undonesia (RI) yang diatur dalam Keputusan Mentri (Kepmen) no 56 tahun 2022 tentang pemulihan pembelajaran atau kurikulum merdeka. Kebijakan ini dikeluarkan sebagai upaya dalam menghadapi lost learning pendidikan di Indonesia selama masa pandemic covid-19. Kurikulum merdeka mendorong satuan pendidikan di indonesia untuk memilih tiga opsi implementasi kurikulum merdeka secara mandiri yang dapat digunakan oleh satuan pendidikan diantaranya yaitu Mandiri belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri berbagi.

Dalam rangka mengawal pelaksanaan kurikulum merdeka di setiap satuan pendidikan jenjang SMP yang memilih kurikulum tersebut, maka Direktur Jendral (Dirjen) SMP Kemdikbud Ristek mengundang para Pelatih Ahli progam sekolah penggerak untuk terlibat memberikan bimtek penguatan implementasi kurikulum merdeka jenjang SMP.

Riswanto yang merupakan Salah satu dosen Fisika UM Metro yang juga menjadi Pelatih Ahli/ Fasilitator sekolah penggerak Angkatan 1, mendapat undangan dari Dirjen SMP Kemdikbudristek untuk menjadi Narasumber nasional Dalam kegiatan Bimtek Penguatan Kurikulum Merdeka Jenjang SMP.

Dosen Fisika UM Metro mengatakan bahwa ia sebelumnya juga telah mengisi kegiatan di region 1 Banten.

“Setelah sebelumnya telah mengisi kegiatan di region Banten 1 pada bulan Mei yang lalu, pada bulan akhir juni ini mendapat undangan kembali untuk menjadi Narasumber pada region Jayapura yang dilaksanakan dariTanggal 27-30 juni 2022”.

Kegiatan bimtek ini dihadiri kurang lebih 29 kabupaten di jayapura diantaranya yaitu Kota Jayapura (BPMP), Kab.Manokwari (BPMP), Kab. Asmat,Kab. Biak Numfor. Kab.Deiyai,Kab. Jaya Wijaya, Kab. Jayapura, Kab. Keerom, Kab. Kepulauan Yapen, Kab. Mappi, Kab. Merauke,Kab. Mimika, Kab. Nabire, Kab. Paniai, Kab. Pegunungan Bintang, Kab. Sarmi, Kab. Supiori, Kab. Yalimo, Kota Jayapura, Kab. Fak-Fak, Kab. Kaimana, Kab. Manokwari, Kab. Manokwari Selatan, Kab. Raja Ampat, Kab. Sorong, Kab. Sorong Selatan, Kab. Tambrauw, Kab. Teluk Bintuni, dan Kota Sorong. Peserta kegiatan berasal dari unsur pengawas sekolah, Kepala sekolah, MKKS, dan Dinas Pendidikan Dasar pada setiap kabupaten.
Materi yang disampaikan dalam kegiatan mencakup pemahaman mengenai Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Pembelajaran dan penilaian pada kurikulum Merdeka, dan Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila. Ditambah lagi materi pleno yang mencakup komunitas belajar, Platform Merdeka mengajar dan Bimbingan Konseling.

Dalam kegiatan dosen Fisika juga menuturkan bahwa kehadiran dalam kegiatan bimtek di jayapura merupakan kunjungan kali pertama yang sangat berkesan dengan keramahan para peserta bimtek, antusiasme peserta dalam belajar dan keindahan alam jayapura. Ia juga berharap, dilain kesempatan dapat hadir kembali untuk melihat lebih jauh keindahan bumi jayapura Indonesia.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button