NEWS

Pandemi Covid-19, 203 CJH Metro Mulai Diberangkatkan Tahun ini

RADARMETRO.ID – Sebanyak 203 calon jamah haji (CJH) asal Kota Metro siap diberangkatkan tahun ini. Itu menyusul dibukanya kuota ibadah haji di masa pandemi Covid-19 tahun ini.

Dikonfirmasi awak media Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Metro, Nuryanah membenarkan rencana pemberangakatan ibadah haji tersebut. Menurutnya, jamaah yang sudah melunasi biaya haji akan diberangkatkan tahun ini.

“Kalau sampai saat ini ada 203 kuota haji kita yang akan kita berangkatkan. Untuk saat ini kami masih menunggu proses pelunasan biaya haji oleh jemaah,” terangnya, Jumat (13/5/2022).

Ia menjelaskan, untuk pelunasan haji ditunggu hingga 20 Mei 2022 mendatang. Selanjutnya sesuai jadwal rencana pemberangkatan haji di Lampung akan dimulai pada 3 Juni mendatang.

“Kalau secara nasional untuk Lampung ini dimulai 3 Juni nanti. Tapi kita belum tahu untuk Kota Metro diberangkatkan tanggal berapa. Tapi yang jelas kita masuk dalam gelombang 1,” ungkapnya.

Menurutnya, pasca pelunasan haji nantinya jemaah akan kembali mengikuti manasik haji. Nanti akan dijadwalkan untuk setiap kecamatan.

“Memang tahun kuota haji di Mekkah sudah dibuka. Tapi memang untuk kuota tahun ini ada pemangkasan 50 persen. Sehingga kita hanya dapat memberangkatkan haji 203 orang,” paparnya.

Diketahui, tahun lalu rencana pemberangkatan haji dibatalkan. Itu menyusul semakin tingginya angka penyebaran Coronavirus Diseases (Covid-19) di Arab Saudi dan belum stabilnya kondisi saat itu. Meski begitu, pemberangkatan ibadah haji dijadwalkan akan dilakukan pada tahun 2022 ini. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button