NEWS

Pakaian Jokowi saat Muktamar Nahdlatul Ulama Cerminan Islam Nusantara

RADARMETRO.ID – Presiden didampingi Wakil Presiden Republik Indonesia mengenakan sarung dan peci yang menjadi ciri Islam nusantara saat pembukaan Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke 34 di Pondok Pesantren Darusa’adah, Lampung Tengah, Rabu (22/12/2021).

Terlihat sekira pukul 09.05 WIB Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo sudah berada di tempat pembukaan muktamar. Pada kesempatan itu Jokowi mengenakan sarung warna hijau, berkemeja putih dipadukan dengan jas warna hitam dan tidak ketinggalan peci warna hitam. Selain itu terlihat juga Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang turut mengenakan pakaian ala santri tersebut.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) NU mengatakan bahwa peci dan sarung merupakan simbol Islam nusantara.

“Yang dipakai Pak Presiden hari ini, simbol Islam nusantara, simbol umat Islam Indonesia,” ungkapnya.

Dalam kedatangan Presiden dan Wakil Presiden sudah berada juga pejabat setingkat menteri, Gubernur Lampung, kepala daerah, dan pengurus Nahdlatul Ulama yang akan mengikuti forum.

Sisi keamanan dijaga ketat oleh satuan TNI, Polri, dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dalam pengondisian forum agar tidak melebihi kapasitas dari panitia penyelenggara.

Forum terbesar organisasi Nahdlatul Ulama dalam penyelenggaraan Muktamar ke 34 akan diselenggarakan selama 22-23 Desember 2021, mengusung tema Satu Abad NU: Kemandirian dalam Berkhidmat untuk Peradaban Dunia. Ada empat tempat dalam pelaksanaannya, untuk pembukaan dilaksanakan di Pondok Pesantren Darusa’adah, Lampung Tengah, persidangan dilaksanakan di UIN Raden Intan Lampung, Unila, dan Malahayati.

Salah satu forum yang ditunggu adanya pemilihan ketua umum PBNU yang dalam hal ini ada dua kandidat terkuat, petahana Ketua PBNU Said Aqil Siradj dan Khatib Aam Yahya Cholil Staquf. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button