NEWS

Pabrik di Karangrejo Terbakar, 3 Jam Petugas Berjibaku Padamkan Api

RADARMETRO.ID – Pabrik Padi CV Karya Bersama Sentosa yang berada di Jalan Lestari IV RT/RW 33/09 Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro terbakar pagi ini, Minggu (5/6). Api berhasil padam 3 jam kemudian.

Kasi Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota metro, Bustami mengungkapkan proses pemadaman terkendala sulitnya menjangkau titik pusat kobaran api. Lantaran air yang disemprotkan terhalang oleh plat baja oven pengering padi.

“Titik api itu ada di seputar mesin oven. Terjadi kendala saat pemadaman api berlangsung. Karena sekitar mesin itu terbuat dari besi plat dan celah nya kecil,” Kata Bustami saat dikonfirmasi radarmetro.id, Minggu (5/6/2022).

Bustami mengatakan, setelah beberapa jam melakukan penyemprotan air yang diarahkan ke mesin oven, yang diduga sebagai pusat kobaran api. Namun, api tetap tidak padam dengan ditandai kepulan asap yang terus keluar dari dalam mesin tersebut.

Berdasarkan pantauan radarmetro.id, di lokasi kejadian Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman turut menyaksikan para petugas kesulitan menjangkau api.

Alhasil, Kasi Damkar mendapatkan arahan Qomaru untuk membuat jalur api, dengan membongkar beberapa plat baja yang melindungi pusat kobaran api.

“Setelah Pak Wakil memberikan instruksi untuk melakukan pembongkaran plat, setelah melakukan pembongkaran pembongkaran beberapa plat itu, petugas lebih mudah untuk melakukan proses pemadaman,” beber Bustami.

“Kendala yang lain tidak ada. Karena kesulitan awal untuk menyemprot air dengan celah yang kecil untuk menuju titik api,” tambahnya

Sebanyak dua unit mobil Damkar, serta 15 petugas di kerahkan untuk memadamkan pabrik milik seseorang yang dipanggil Ko Atok itu. Selama kurang lebih 3 jam, api berhasil di jinakkan oleh petugas.

“Tadi dapat laporan masuk sekitar pukul 08.30 WIB setelah itu tim langsung meluncur ke lokasi kejadian. Setengah 11 baru bisa dipadamkan. Untuk personil yang diterjunkan kurang lebih 15 orang dengan menggunakan dua unit mobil Pemadam,” pungkasnya. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button