NEWS

Operasi Zebra 2022 Polres Metro, Edukasi Hingga Tindakan Tegas Bagi Pelanggar Lalulintas

RADARMETRO.ID – Gelar pasukan Operasi Zebra tahun 2022 Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kota Metro diikuti puluhan anggota polisi, Senin (3/10/2022).

Diketahui, setidaknya sebanyak 42 personil akan diterjunkan dalam operasi diawali dengan dilakukannya sosialisasi ke beberapa sekolah, Perguruan Tinggi, sampai tempat wisata Kota Metro. Tak tanggung-tanggung, pelanggar lalulintas di Jalan Raya akan diberikan penindakan Tilang di tempat.

Kasatlantas Polres Metro AKP Rezki Parsinovandi mengatakan, operasi akan berlangsung selama dua pekan di Kota Metro. Dimulai tanggal 3 Oktober sampai tanggal 16 Oktober 2022.

Bagi pelanggar kasat mata, baik roda dua ataupun roda empat, Satlantas Polres Metro akan memberikan teguran hingga berupa sanksi tilang selama gelaran Operasi Zebra tahun 2022.

“Terutama memang pelanggar kasat mata ya, yang membahayakan sesama pengendara,” ujarnya saat dikonfirmasi radarmetro.id pasca gelar pasukan Operasi Zebra tahun 2022.

Ia menegaskan, aparat kepolisian tidak akan memberikan toleransi kepada pelanggar berat lalulintas di jalanan Kota Metro. Di sisi lain, lanjut Kasatlantas, Operasi Zebra tahun 2022 akan lebih mengedepankan edukasi kepada masyarakat guna tertib dalam berlalulintas.

“Kita juga ada edukasi terlebih dahulu di masyarakat, namun kalau sudah membahayakan, kita akan langsung melaksanakan penilangan secara manual,” bebernya.

Kasatlantas turut membeberkan sasaran Operasi Zebra tahun 2022. Tertapat tujuh poin pelanggaran pengendara yang akan mendapatkan teguran hingga tindakan tilang oleh kepolisian setempat.

“Diantaranya, pengemudi yang dengan sengaja menggunakan ponsel saat berkendara di jalanan,” ungkapnya.

Yang kedua, teguran hingga penilangan akan diberikan bagi pengendara di bawah umur. Selanjutnya bagi pengendara sepeda motor lebih dari dua orang.

“Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm atau helm tidak SNI. Sedangkan pengendara mobil, mereka yang tidak menggunakan safety belt,” tambahnya.

Kemudian bagi pengendara yang melawan arus dipastikan mendapat tindakan tegas petugas. Selin itu juga bagi pengendara dengan kecepatan tinggi di jalanan Kota Metro turut menjadi sasaran operasi.

“Yang terakhir itu bagi pengendara yang kedapatan mengemudi dengan pengaruh alkohol atau minum-minum keras,” tandasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun radarmetro.id, setidaknya terdapat empat titik Operasi Zebra tahun 2022. Diantaranya, Jalan Jendral Sudirman Kecamatan Metro Barat, kemudian Jalan Ahmad Yani, dan Jalan AH Nasution di Kecamatan Metro Timur lalu Jalan Pattimura di Kecamatan Metro Utara.

Selain itu, edukasi Satlantas Polres Metro saat berlangsungnya gelaran Operasi Zebra tahun 2022 turut menyasar tiga pasar, 19 lembaga pendidikan terdapat 15 sekolahan serta 4 Perguruan Tinggi, dan juga beberapa tempat wisata di Kota Metro. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button