NEWS

ODGJ Telanjang, Lempari Rumah Warga Dengan Batu Diamankan Pol PP

RADARMETRO.ID – Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) berjenis kelamin perempuan dengan kondisi telanjang tanpa busana diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Metro. Berdasarkan laporan warga, ODGJ bernama Yunailis (56) itu sempat amuk warga dengan melempari rumah menggunakan batu bata.

ODGJ tersebut diamankan oleh Anggota Pol PP di Taman depan Pertamina Ganjar Agung, Metro Barat, Kota Metro. Saat ini ODGJ yang sudah diberikan obat penenang dikembalikan kerumahnya di Gang Harapan 2 RT/RW 29/07, Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro, Rabu (11/5/2022).

Kepala Sat Pol PP, Imron melalui Kasi Operasi dan Pengendalian (Kasi Opsdal), Sisnuryanto mengungkapkan adanya laporan warga Hadimulyo Barat tentang keberadaan ODGJ yang bertindak buruk di masyarakat. Amukan tersebut berupa pelemparan batu bata kerumah-rumah warga sampai tidak mengenakan pakaian (telanjang bulat) di tempat-tempat umum.

Dengan adanya laporan tersebut, Anggota Pol PP yang dipimpin oleh Kasi Opsdal, Sisnuryanto menelusuri keberadaan ODGJ yang di khawatirkan bertindak mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Metro.

Alhasil dari penelusuran sejak pukul 07.30 WIB, Sisnuryanto bersama Anggota mendapatkan laporan keberadaan ODGJ tersebut berada di Taman depan Pertamina Ganjar Agung, Jalan Jendral Sudirman, Ganjarasri, Metro Barat Kota Metro. Dilokasi tersebut, Sat Pol PP melakukan pendekatan emosional dan berhasil menenangkan ODGJ dalam keadaan telanjang bulat.

“Warga masyarakat melaporkan adanya ODGJ Telanjang di taman depan Pertamina Ganjar Agung. Memang, kondisi telanjang. Kita bawakan sarung dari kantor dan sekaligus kita amankan,” ungkapnya.

Pengamanan ODGJ dalam keadaan Kondusif tanpa perlawanan, sehingga Anggota Pol PP dapat menenangkan dan kemudian memberikan pakaian agar sekujur tubuh wanita tersebut dapat tertutupi dengan layak.

“Alhamdulillah, tadi kita amankan tidak ada perlawanan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Sisnuryanto, penanganan ODGJ dibantu Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Kesehatan (Dinsos) Kota Metro. Dengan memberi obat penenang yang selanjutnya ODGJ tersebut akan dihantarkan kerumahnya yang berada di Gang Harapan 2 RT/RW 29/07, Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro.

Dilokasi yang sama, Maya Maharani selaku Dokter Puskesmas Yosomulyo, Kota Metro menerangkan keadaan Yunailis (ODGJ) masih tergolong belum parah. Penanganan rehabilitasi bisa dilakukan oleh keluarga dengan memberikan obat penenang khusus yang telah tersedia secara gratis yang disediakan oleh Dinkes Kota Metro.

“Sebenarnya kan ini bisa dengan rehabilitasi. Kenapa bisa seperti itu, karena selama ini tidak minum obat karena tidak ada keluarga yang mengawasi. Kunci utama untuk ODGJ sebenarnya kan keluarga, kalau Keluarga ada yang mau tanggung jawab kita berikan terus obatnya. Sedangkan kalau ada kelainan lain, kita bisa tambahkan dosis, ganti obat atau kita datangkan dokter spesialis untuk perawatan lebih lanjut,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Maya, keadaan ODGJ tersebut jikalau diarahkan untuk perawatan lebih lanjut di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) maka akan mengalami penolakan, pasalnya

“Obat enggak mahal, Puskesmas ada dari Pemerintah obatnya gratis. Makanya kita sarankan untuk diobati dirumah saja, karena kalau ini diarahkan ke RSJ akan ditolak. Soalnya masih tergolong busa komunikatif dengan semuanya,” tambahnya.

Selain itu, Lurah Hadimulyo Barat, Agus Salim bersama dengan RT dan warga setempat berusaha mengawasi keberlangsungan ODGJ yang diketahui hanya sebatang kara tanpa ada keluarga yang hendak merawatnya.

“Saya minta bantuan Pak Rt Surya, dan warga setempat, tolong bene-bener diawasi ya. Karena memang enggak ada keluarga yang mau merawatnya. Sekaligus nantinya juga akan dibantu pihak Dinkes maupun Dinsos,” ujarnya.

Saat ini, Sat Pol PP bersama Dinkes dan Dinsos Kota Metro bersama Aparatur Pemerintah setempat dan juga relawan BPBD Kota Metro menempatkan Yunailis (56) wanita ODGJ di rumahnya. Ketua RT 29, Surya dan warga akan selalu berkoodinir apabila terjadi amukan susulan.

“Keadaannya sudah tenang sekarang, dia (ODGJ) berada dirumahnya. Nanti saya bersama warga akan pantau keberlangsungan ketika dirumah, kalau terjadi amukan lagi kami akan koordinasi dengn pihak-pihak terkait,” kata Surya. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button