NEWS

ODGJ Tanpa Busana di Metro Akhirnya Menghuni Rumah Baru

RADARMETRO.ID – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Metro ambil tindakan cepat terkait keberlangsungan Yunailis (56), wanita yang mengidap gangguan jiwa alias Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sempat bertindak meresahkan warga Kota Metro.

Yunailis akhirnya direhabilitasi bersama satu ODGJ tanpa identitas (Mrs X) asal Kota Metro sejak hari Kamis, 12 Mei 2022 di Yayasan Sinarjati Lampung, Jalan Teuku Cik Ditiro, Sumber Rejo, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung.

“Alhamdulillah, kami secara cepat dan sesuai prosedur yang ada, kami berhasil menghubungi pihak keluarga dari yang bersangkutan (ODGJ bernama Yunailis). Dari pihak keluarga yang sudah tidak sanggup merawat, akhirnya kita bersamai menghantarkan yang bersangkutan untuk direhabilitasi ke Yayasan Sinarjati Lampung, Kemiling,” kata Kadis Dinsos, Drs Rakhmat Zainuddin saat dikonfirmasi radarmetro.id, Jum’at (13/5/2022).

Menurut penelusuran radarmetro.id terkait Yayasan Sinarjati Lampung, diketahui tempat tersebut sudah memiliki legalitas kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung.

Diharapkan, oleh Kadis, keberadaan ODGJ di tempat tersebut dapat segera pulih. Selain peralatan yang lengkap, keluarga juga dapat menjenguk rutin agar kondisi kejiwaan kembali seperti sediakala.

“Saya rasa semua tempat rehabilitasi gangguan kejiwaan sama ya, dalam hal ini di dukung peralatan yang lengkap, metode pengobatan medis juga disana tersedia. Tapi hal yang juga tidak kalah penting adanya keluarga, dengan rutin menjenguk bisa orang tuanya, kerabatnya, atau siapapun itu bisa membantu memulihkan kondisinya jiwanya (ODGJ),” bebernya.

Sejak pengamanan Yunailis oleh Sat Pol PP di bantu Dinas Kesehatan (Dinkes) hari Rabu, (11/5/2022). Penanganan dilanjutkan oleh Dinsos, dan berhasil terhubung dengan salah satu keluarga, yakni Rizaldi selaku kakak kandung dari Yunailis. Selanjutnya Rizaldi yang menghuni rumah di Kelurahan Branti Raya, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan ikut menghantarkan adiknya ke panti rehabilitasi.

“Tadi saat menghantarkan yang bersangkutan ke panti rehabilitasi, kita juga bersama keluarganya. Namanya Rizaldi, selaku kakaknya. Kitakan hanya bisa memfasilitasi seperti menghantarkan. Selebihnya kami serahkan kepada pihak keluarga apabila terjadi hal-hal lainnya,” tambahnya.

Dinsos menargetkan Yunailis dapat disembuhkan dalam waktu tiga bulan. Selanjutnya akan dikembalikan kepada keluarganya.

“InsyaAllah dalam tiga bulan itu bisa disembuhkan, tapi ya itu tadi. Selain perawatan medis yang ada di panti rehabilitasi, pihak keluarga harus sering menjenguk. Ketika sudah sembuh, nantinya akan dikembalikan kepada keluarga agar kembali menjalani aktivitas seperti biasanya,” pungkasnya.

Dua ODGJ berjenis kelamin wanita tersebut dihantarkan langsung oleh aparatur Desa Hadimulyo Barat, Dinas Sosial (Dinsos), juga Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Metro dan juga pihak keluarga dari Yunailis. Sementara salah satu ODGJ tanpa identitas (Mrs X) sampai saat ini masih dicari keberadaan sanak saudaranya.

Diketahui Yunailis hidup sebatang kara di Gang Harapan 2 RT/RW 29/07, Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro. Menurut ketua RT Setempat, Surya mengungkapkan tindakan Yunailis yang meresahkan masyarakat diantaranya, dengan melempari rumah warga menggunakan batu bata sampai telanjang kesana kemari.

“Kalau pas ngamuk, seperti kemarin-kemarinnya itu rumah warga dilempar batu bata. Memang tidak menimbulkan korban, tapi apa ya nunggu adanya korban terlebih dahulu baru di perhatikan,” bebernya.

Sebelumnya, Yunailis diamankan Satpol-PP dalam keadaan telanjang tanpa busana hari Rabu, 11 Mei 2022 di bantaran aliran air ledeng Jalan Jendral Sudirman No.236, Ganjarasri, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro tepatnya di depan SPBU Pertamina 24.341.09. Sedangkan Mrs X diamankan oleh pihak terkait di 24 Tejosari, Metro Timur, Kota Metro.

“Warga masyarakat melaporkan adanya ODGJ Telanjang di taman depan Pertamina Ganjar Agung. Memang, kondisi telanjang. Kita bawakan sarung dari kantor dan sekaligus kita amankan,” kata Kasi Operasi dan Pengendalian (Kasi Opsdal), Sisnuryanto saat dikonfirmasi radarmetro.id selepas pengamanan Yunailis. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button