NEWS

Natal Berlangsung Khidmat dan Lancar

RADARMETRO.ID – Perayaan Natal di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, Jalan AH Nasution, Nomor 11, Kota Metro berlangsung ramai dan aman dengan suasana penuh khidmat yang dijaga ketat oleh kepolisian menggandeng kelompok-kelompok umat beragama lain, Sabtu (25/12/2021).

Pelaksanaan Natal kali ini dilaksanakan dengan pembagian berdasarkan wilayah guna menghindari kerumunan yang melebihi kapasitas ruangan dari gereja itu sendiri. Wilayah Metro Pusat dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB sampai pukul 08.00 WIB, sedangkan untuk wilayah Metro Barat pada pukul 10.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB.

Iriani selaku panitia pelaksana Natal tahun 2021 menerangkan bahwa hal tersebut sebagai cara agar semua dapat merasakan perayaan Natal secara langsung dan tidak terjadi penumpukan jemaat di gereja Kota Metro.

“Perayaan Natal kali ini dibagi menjadi dua, untuk wilayah Metro Raya dan untuk wilayah Metro Barat, supaya tidak menjadi penumpukan,” ungkapnya.

Cinta Kasih Kristus Menggerakkan Hati Persaudaraan, merupakan tema yang diusung sebagai bentuk harapkan persaudaraan umat beragama satu dengan yang lainnya.

“Menjaga kerukunan umat, bukan hanya orang kita ya yang artinya seiman, kita bersaudara dengan semuanya,” ungkap Iriani, Ketua Pelaksana Perayaan Natal.

Dalam menjaga kerukunan umat beragama, keterlibatan agama lain saat kegiatan Natal kali ini terlihat dari adanya penjagaan yang dilakukan oleh umat Islam dan umat-umat beragama lainnya se-Kota Metro.

Pihak keamanan setempat, Polres Kota Metro menerjunkan anggotanya di lingkungan gereja dan saat proses perayaan Natal. Backup pasukan keamanan juga berasal dari Reserse Kriminal (Reskrim) dan juga Intelkam Polres Metro.

“Anggota yang diturunkan sebanyak lima orang yang dibackup dari tim-tim lain baik Reskrim maupun Intel untuk pengamanan,” ujar AKP Katmidi, Kasat Sabhara Polres Metro.

Total sejumlah 350 anggota kepolisian diterjunkan untuk seluruh kegiatan-kegiatan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kota Metro.

“Se-Kota Metro melibatkan 350 orang, untuk mengamankan seluruh kegiatan Natal dan Tahun Baru 2021,” tambahnya.

Para jemaat terlihat bersukacita mengikuti Natal, kerinduan untuk berkumpul dan beribadah terbayar sudah. Rasa senang diungkapkan oleh Cicilia, walupun masih dalam keadaan pandemi Covid-19 dan juga pembatasan yang diterapkan saat pelaksanaan Natal tahun ini.

“Saya sendiri merasa senang karena perayaan Natal dilaksanakan secara offline, perayaan kali ini mengobati kerinduan kami karena tahun kemarin tidak ada perayaan,” ungkapnya.

Total sejumlah kurang lebih 625 jemaat menghadiri perayaan Natal di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, Kota Metro yang berasal dari wilayah Metro Raya sebanyak 329 jemaat sedangkan 296 jemaat berasal dari wilayah Metro Barat. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button