NEWS

Narapidana Tipikor Lapas IIA Metro Dapat Remisi Khusus 15 Hari

RADARMETRO.ID – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) IIA Kota Metro memberikan remisi khusus kepada AM (50) tersangka kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) sejumlah 15 hari pengurangan masa pidana saat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah/ 2022 Masehi, Kamis (27/4/2022).

Kalapas IIA Metro, Muchamad Mulyana membenarkan akan adanya remisi yang diberikan kepada narapidana kasus Tipikor yang sedang menjalani masa tahanan tiga tahun di Lapas IIA Metro. Pada dasarnya remisi merupakan hak dari Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) yang memenuhi syarat.

“Benar, karena pada prinsipnya siapapun warga binaan permasyarakatan (WBP) ini memiliki hak yang sama untuk menerima pengurangan masa tahanannya dengan memenuhi persyaratan yang ada,” ungkapnya.

Menurut Mulyana, narapidana Tipikor (AM) sudah memenuhi syarat umum dan syarat tambahan guna mendapatkan 15 hari pengurangan masa tahanan.

“Dia sudah memenuhi syarat-syarat yang ada, untuk syarat umum seperti berkelakuan baik terus sudah menjalani sekurang-kurangnya 6 bulan masa masa tahanan,” bebernya.

Lebih lanjut, Kalapas menerangkan untuk syarat tambahan kasus Tipikor agar mendapatkan pengurangan masa tahanan, terlebih dahulu harus membayar besaran denda hasil putuskan oleh Hakim Kejaksaan Agung. Diketahui, bahwa dalam putusannya, AM harus menjalani hukuman selama 3 tahun penjara dan denda sejumlah Rp.100 juta.

“Selain itu, yang bersangkutan juga sudah membayar langsung besaran denda kepada Kejaksaan sesuai putusan Hakim Kejaksaan Agung yang dibayarkan pada tahun tanggal 21 Juni tahun 2021 kemarin sebagai syarat tambahan yang harus dipenuhi,” bebernya.

Diketahui, AM baru mendapatkan remisi khusus sebanyak 15 hari pada kesempatan Hari Besar Keagamaan Idul Fitri 1443 Hijriah/ Tahun 2022. Pasalnya tercatat ia baru menjalani pidana pada 13 Mei 2021 dengan putusan 3 tahun penjara dan denda Rp.100 juta.

“Ini Kali pertama yang bersangkutan mendapatkan pengurangan masa tahanan, karena di Lebaran kemarin belum sesuai persyaratan. 15 hari yang diberikan karena sudah menjalani sekurang-kurangnya 6 bulan penjara, nanti kalau 12 kurungan penjara akan mendapatkan remisi 1 bulan,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button