NEWS

Metro Capai UHC, 95 Persen Masyarakat Dapat JKN KIS

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro kembali menambah capaian Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS). Pasalnya, Kota Metro berhasil merealisasikan jaminan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC).

“Kita sudah anggarkan. Untuk di Kota Metro jaminan kesehatan kita sudah mencapai 95,56 persen,” ujar Walikota Metro Wahdi, Kamis (30/12/2021).

Ia menjelaskan, Kota Metro masuk dalam pencapaian UHC yang baik bersamaan dengan dua Kabupaten yang ada di Provinsi Lampung. Menurutnya, capaian UHC tersebut berguna untuk menjamin seluruh masyarakat Kota Metro yang memiliki BPJS kelas lll.

“Walaupun digratiskan, ditanggung oleh pemerintah masyarakat tetap mendapatkan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2022 targetnya capaian UHC tersebut hingga 90 persen. Namun pemerintah dan DPRD telah mengupayakan capaiannya hingga 95 persen. “Kita percepat, untuk masyarakat bila capaian melebihi target nasional lebih bagus,” jelasnya.

Menurutnya, pencapaian UHC tersebut berkat kerjasama pemerintah untuk bersinergi dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Ditargetkan pada tahun 2024 mendatang semua kabupaten dan kota jaminan kesehatan bisa mencapai 98 persen.

“Dengan target itu, saya bersama teman-teman di legislatif berusaha mengejar target nasional. Namun dengan APBD saat ini tentunya harus bersabar dan selalu berusaha yang terbaik untuk kepentingan masyarakat,” tukasnya (ria).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button