NEWS

Mayor Inf Bagus S : Hidupkan Permainan Tradisional, Tinggalkan Gadget

RADARMETRO.ID – Kasdim 0411/KM, Mayor Inf Bagus Setiawan terlihat kembali merasakan permainan tradisional yang sudah jarang dijumpai di masa sekarang. Ia sangat menikmati permainan kelereng bersama anak-anak Kampung Restua Buana, dan Kampung Bina Karya Buana, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah.

Pemandangan tersebut terlihat disela-sela pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-113 Kodim 0411/KM Tahun 2022 yang sudah berlangsung sejak Rabu, 11 Mei 2022 lalu.

“Sungguh miris apabila permainan tradisional yang pada umumnya melibatkan kebersamaan harus hilang dengan permainan game (gadget) yang saat ini mulai merebut kebersamaan di masa pertumbuhan anak-anak,” ucap Mayor Inf Bagus Setiawan kepada radarmetro.id saat membersamai anak-anak bermain kelereng, Sabtu (14/5/2022).

Kegiatan bermain kelereng bersama anak-anak kampung tersebut, menurut Kasdim merupakan salah satu bagian dari sasaran non fisik kegiatan TMMD ke-113. Dimana permainan tradisional ini memang sudah terlihat langka digusur kemajuan tekhnologi yang saat ini berkembang.

“Kita berharap, dengan sesekali berbaur bersama anak-anak dalam aktifitas bermainnya dapat menanamkan semangat nasionalisme kepada mereka,” ujarnya

Lebih lanjut, Kasdim berpangkat Mayor itu menganggap permainan gadget hanya membuat tumbuh kembang anak terganggu. Jiwa sosialnya anak-anak berubah menjadi penyendiri. Hal tersebut berbanding terbalik dengan permainan tradisional lebih mengedepankan kebersamaan, bahkan permainan yang menimbulkan keringat berdampak baik bagi kesehatan anak.

“Anak yang sering bermain game akan terlihat kritis dan apatis, otaknya akan mengalami kelelahan karena ingin meraih kemenangan, meskipun sebenarnya level tak kunjung habis, kita bandingkan dengan permainan tradisional, membutuhkan rekan dalam memainkannya, kemenangan tidak sebanding dengan kebahagiaan yang mereka raih, dalam permainannyapun akan menimbulkan keringat sehingga sehat,” bebernya.

Ia berharap, permainan tradisional akan terus eksis dikalangan anak-anak saat ini.

“Semoga dengan hadirnya TMMD ke-113 di Kampung mereka permainan kebersamaan akan kembali bersemi dan terus dipertahankan,” harapan Kasdim.

Sementara itu, pengerjaan yang dilakukan Personel Satgas TMMD Ke-113 dan masyarakat saat ini berupa sasaran fisik penyusunan batu porselin dan Telford/Perkerasan Jalan 1.820 M x 2,5 M, Kampung Bina Karya Buana.

Pekerjaan dilakukan secara manual, dengan menyusun satu persatu batu porselin dengan menggunakan kedua tangan dan terlihat lambat namun dengan kebersamaan dan penuh rasa semangat. Satgas dan Masyarakat yakin akan mampu memenuhi target yang sudah direncanakan. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button