METRONEWSPOLITIK

Masuk 5 Besar Peserta Dipastikan Lolos PPK

METRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro akan segera mengumumkan peserta yang lolos dalam seleksi rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pengumuman rencananya akan dilakukan pada 15 Februari 2020 mendatang.

“Untuk tahapan tes wawancara sudah kita laksanakan kemarin. Nantinya dari 50 peserta yang kemarin mengikuti tahapan tes wawancara akan dirangking menjadi 5 besar di setiap kecamatan. Nantinya merekalah yang akan lolos menjadi PPK,” terang Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama didampingi Sekretaris KPU Hermansyah, Selasa (11/2/2020).

Ia mengatakan, pada pelaksanaan Pilkada mendatang untuk setiap kecamatan hanya 5 PPK yang akan bertugas. Meski begitu, bagi peserta tes yang masuk 10 besar masih mendapatkan kesempatan jika nantinya terjadi penggantian antar waktu (PAW).

“Jika nantinya diperjalanan dari 5 peserta yang lolos tes ini terjadi persoalan, sehingga peserta harus mundur, maka peserta nomor urut dibawahnya ini bisa menggantikan menjadi PPK,” jelasnya.

Karenanya pihaknya memastikan dalam rekrutmen PPK kali ini bebas dari unsur partai politik (parpol) ataupun pasangan calon (paslon) tertentu. Hal tersebut dilakukan dalam tahapan tes wawancara.

“Semua PPK harus netral tidak boleh ada keberpihakan. Dan alhamdulilah aman, tidak ada indikasi peserta yang mengarah ke hal itu. Namun jika nantinya ada indikasi hal itu, kita akan lakukan PAW,” tegasnya.

Ia menambahkan, dalam tahapan rekrutmen PPK tersebut juga akan dilakukan sanggah bagi para peserta. Yakni memberikan tanggapan tahap dua kepada para PPK yang terpilih.

“Untuk tahapan sanggah, masyarakat bisa mengirim surat ke KPU. Kami akan layani asalkan suratnya bukan surat kaleng. Surat harus memiliki nama jelas, alamat dan lainnya,” pungkasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button