NEWS

Mahasiswa UM Metro Terima Sosialisasi HIV/AIDS dari Dinkes Kota Metro

RADARMETRO.ID – Puluhan mahasiswa perwakilan dari setiap Himpunan Mahasiswa di lingkungan Universitas Muhammadiyah (UM) Metro menerima Sosialisasi dan Mobile VCT HIV/AIDS dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro, Rabu (08/12/21) di Aula HI setempat.

Selain dari Dinkes Kota Metro, sosialisasi tersebut turut dihadiri oleh Puskesmas Ganjar Agung, Puskesmas Iring Mulyo, dan Pendamping Pasien HIV/AID, dengan pemateri dari Dinkes Kota Metro Kasie. Surtini, SST.

Wakil Rektor III UM Metro, Drs. Anak Agung Oka, M.Pd., dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa kesadaran akan resiko terkena HIV masih rendah.

“Di sekitar kita ini banyak orang tanpa menyadari merupakan orang dengan resiko tinggi terkena HIV. Orang-orang yang tidak memperhatikan pergaulan dan gaya hidupnya,” kata WR III UM Metro.

Oka menyatakan harus adanya tindakan lebih maksimal dari pemerintah dalam penanganan HIV/AIDS.

“Pemerintah belum melakukan penanganan HIV seperti penanganan Covid-19, seperti testing, tracing, treatment, belum sampai sejauh itu. Oleh sebab itu, setelah covid berlalu, 3T ini perlu diterapkan untuk kasus HIV/AIDS,” tambah Oka.

Terakhir WR III UM Metro tersebut menghimbau untuk tetap merangkul ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS).

“Kita tidak boleh menjauhi ODHA. Jangan sampai mereka sudah terkena itu menjadi depresi karena semua menjauhinya. Mereka itu setiap harinya produktifitasnya terganggu dengan harus perawatan seperti minum obat dan lain-lain. Kita harus ada sebagai pembangun semangat mereka,” tutup Oka. (bungsu)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button