NEWS

Luncurkan Sekolah Nelayan Lampung, PKS Hadir Sebagai Sahabat Nelayan

RADARMETRO.ID – Sebagai bentuk transformasi dan kolaborasi antara PKS dengan nelayan, Bidang Tani dan Nelayan DPW PKS Lampung meluncurkan program Sekolah Nelayan di gedung Serumpun Padi DPD PKS Tanggamus, Sabtu (28/5).

Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPW PKS Lampung, Eko Zainuri, mengatakan tujuan diluncurkannya Sekolah Nelayan ini agar peserta memahami tentang strategisnya sektor perikanan dalam hal ini nelayan bagi kehidupan manusia. Maka dari itu PKS Lampung meluncurkan program Sekolah Nelayan agar dapat berkolaborasi dan bersinergi dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif dan memberikan manfaat bagi nelayan.

“Sekolah Nelayan ini bertujuan agar peserta memiliki pemahaman bahwa sektor nelayan ini adalah sektor yang sangat strategis dan penting untuk kita melakukan kolaborasi dan sinergi untuk kita melakukan kegiatan kegiatan yang produktif sehingga memberikan manfaat untuk nelayan,” ungkap Eko Zainuri.

Menurutnya, hal ini menjadi penting karena Indonesia memiliki luas wilayah yang dua pertiganya merupakan lautan, sehingga PKS harus dapat hadir di dalamnya sebagai bentuk pelayanan PKS.

“Ini menjadi penting karena Indonesia dua pertiganya merupakan laut, sehingga sektor nelayan ini kita harus bisa masuk didalamnya sebagai bentuk pelayanan PKS bagi mereka,“ lanjut Eko.

Tujuan berikutnya diadakannya acara ini agar terbentuknya simpul-simpul masa di seluruh daerah sebagai duta nelayan PKS sebagai perwakilan PKS agar program-program yang bermanfaat untuk nelayan dapat tersampaikan dengan baik.

“Kemudian kita inginkan adanya simpul-simpul masa dari para peserta di masing-masing daerah sebagai duta nelayan PKS, sehingga dapat kita berdayakan dan menjadi perwakilan dari PKS . Sehingga program-program yang bermanfaat bagi PKS untuk nelayan dapat tersampaikan dengan baik,” sambung Eko.

Selain sebagai perpanjangan tangan PKS bagi nelayan, Duta Nelayan juga menjadi telinga bagi PKS, sehingga apabila ada masukan dan keluh kesah, mereka dapat menyampaikannya kepada PKS.

“Begitupun sebaliknya, kalau ada masukan-masukan, dan sebagainya, aspirasi dari para nelayan dapat disampaikan kepada para Duta Nelayan PKS. Sehingga nelayan bisa lebih dekat dan tidak sungkan menyampaikan keluh kesahnya, sehingga terbangun diotak dan pikiran para nelayan bahwa PKS itu sahabat nelayan,” ungkap Eko.

Eko berharap agar setelah acara ini dilakukan, perwakilan Bidang Tani dan Nelayan yang hadir juga melaksanakan Sekolah Nelayan di masing-masing wilayahnya.

Acara yang dihadiri oleh seluruh perwakilan Bidang Tani dan Nelayan DPD PKS Se Lampung ini juga menghadirkan pemateri dari kalangan akademisi dan Dinas Perikanan dan Kelautan provinsi lampung. (Sasongko)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button