METRONEWS

Lolos SKD Bukan Jaminan Peserta Ikut SKB

METRO – Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan menerapkan sistem perangkingan dalam penilaian penerimaan CPNS tahun ini. Sistem perangkingan akan dilakukan bagi peserta untuk dapat kembali mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Peserta yang nantinya lolos dalam SKD atau memenuhi Pasing Grade (PG) akan dilakukan sistem perangkingan. Yakni dengan ketentuan 3 kali dari jumlah formasi yang tersedia,” terang Kabid Pengadaan dan Mutasi Pegawai, Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Metro Suprapto, Selasa (11/2/2020).

Ia mencontohkan ada satu formasi yang lulus PG sebanyak 30 orang, sedangkan formasi yang tersedia hanya 1, maka peserta yang tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) hanya 3 orang. Namun jika formasi yang tersedia 2, sedangkan yang lolos SKD hanya 4 orang, maka hanya 4 orang tersebut yang akan mengikuti tahapan selanjutnya.

“Untuk dapat mengikuti tahapan SKB ini peserta memang harus lolos dalam SKD dan memenuhi PG. Namun bagi yang tidak sama sekali ada peserta yang lolos SKD tetap akan dilakukan perangkingan sesuai dengan ketentuan,” paparnya.

Diketahui, pada pelaksanaan tes SKD Kota Metro sebanyak 383 dari 4.401 peserta tes SKD tidak hadir mengikuti tes. Pasalnya, hanya 4.018 peserta yang hadir dan mengikuti tes.

“Kalau untuk peserta yang lolos administrasi ada 4.410. Dari jumlah ini 9 peserta merupakan P2 atau peserta yang lulus Passing Grade (PG) tahun sebelumnya dan tidak ikut SKD. Sedangkan yang tidak hadir sebanyak 383, sehingga total ada 4018 peserta yang hadir ikut tast,”

Ia mengatakan, dalam SKD tersebut untuk kategori formasi S1 nilai tertinggi yang diraih peserta sebesar 465. Sedangkan untuk jenjang formasi D3 sebesar 484. “Untuk nama peraihnya nilai tertinggi ada di Panselnas. Namun untuk nilai terkecil sebesar 194,” jelasnya.

Ia mengaku, dalam pelaksanaan SKD tersebut berjalan lancar tanpa kendala. Meski begitu para peserta nantinya masih akan mengikuti tahapan dalam tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Kalau untuk tesnya alhamdulillah berjalan lancar, tidak ada kendala. Kemudian untuk jadwal pelaksanaan tes SKB rencananya akan dilaksanakan pada Maret mendatang,” pungkasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button