NEWS

Lapas Metro Gelar Razia Blok Dan Kamar Hunian Bersama Polres Metro

RADARMETRO.ID – Petugas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Metro bersinergi dengan Anggota Kepolisian Resort (Polres) Metro melakukan penggeledahan di sejumlah kamar hunian warga binaan yang berada di Lapas IIA Metro, Jalan Ahmad Yani No.199, Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro. Alhasil sejumlah benda logam dan benda tajam disita untuk dimusnahkan, Jum’at (22/4/20224)

Kalapas IIA Metro, Muchamad Mulyana mengungkapkan giat penggeledahan kamar hunian narapidana sebagai bentuk deteksi dini ancaman keamanan dan ketertiban di Lapas menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H/ 2022 M.

“Mengingat kita mau memasuki hari raya Idul Fitri 1443 H, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Metro,” terangnya.

Kemudian, pada kesempatan itu juga sekaligus rangkaian kegiatan Hari Bhakti Permasyarakatan ke-58 Lapas IIA Metro bersinergi dengan Polres Metro.

“Rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 dan juga sebagai upaya peningkatan sinergitas antar aparat penegak hukum,” tambahnya.

Kegiatan diawali dengan apel pengarahan yang dilakukan oleh Kalapas IIA Kota Metro, Muchamad Mulyana menegaskan pelaksanaan giat razia harus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan juga memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu para petugas harus lebih cermat dan teliti dalam menggeledah sisi-sisi kamar yang kurang diperhatikan.

“Kepada petugas agar dalam melakukan razia blok dan kamar hunian dilakukan dengan cermat dan teliti. Karena tempat-tempat yang tidak terfikirkan, bisa jadi tempat mereka menyembunyikan barang-barang yang dilarang ada di dalam lapas,” pesannya.

Lejih lanjut, Kalapas menerangkan kegiatan razia menyasar razia blok dan kamar hunian yang disinyalir terdapat barang-barang dapat menggangu keamanan dan ketertiban di dalam Lapas Metro.

“Alhasil, petugas menemukan benda-benda pada dan barang barang di beberapa blok hunian,” tambahnya.

Dari hasil temuan, beberapa kamar ditemukan benda-benda logam, benda tajam dan juga beberapa barang yang menggangu keamanan dan kenyamanan lainnya. Oleh petugas, temuan tersebut disita untuk selanjutnya di musnahkan.

“Hasil temuan itu, kemudian disita yang untuk selanjutnya dilakukan pemusnahan,” pungkasnya. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button