NEWS

Lapas Metro Berikan Remisi Khusus 11 Napi

RADARMETRO.ID – Remisi khusus diberikan kepada 11 orang narapidana saat perayaan Natal, pengurangan masa pidana saat hari besar ini ditujukan bagi mereka yang berkelakuan baik selama menjadi Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Metro, Senin (27/12/2021).

Perayaan Natal tahun 2021 di Kota Metro juga disambut sukacita oleh narapidana, bagi mereka yang beragama Nasrani diberikan remisi selama menjadi WBP atau narapidana di Lapas IIA, Jalan Ahmad Yani, Nomor 199, Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro.

“Remisi khusus Natal merupakan pengurangan hukuman bagi narapidana yang khusus diberikan bagi WBP yang beragama Nasrani,” ujar Muchamad Mulyana, Kepala Lapas.

Pemberian remisi ditujukan bagi narapidana yang sudah memenuhi syarat dan juga berperilaku baik selama menjalani hukuman.

“Tujuannya dalam rangka pembinaan bagi warga binaan pemasyarakatan atau narapidana yang berkelakuan baik,” tambahnya.

Tercatat untuk remisi khusus pada saat Natal tahun 2021 ini sebanyak 11 narapidana mendapatkan remisi dengan perbedaan jumlah pengurangan masa pidana sesuai dengan syarat yang berlaku.

“Remisi khusus Natal tahun 2021 sebanyak 11 orang, terdiri dari 4 orang sebanyak 15 hari, 4 orang 1 bulan, dan 3 orang 1 bulan 15 hari,” ucapnya.

Pemberian remisi tercantum pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 3 Tahun 2018 di dalam Pasal 2 berbunyi, setiap narapidana dan anak berhak mendapatkan remisi, asimilasi, cuti mengunjungi keluarga, cuti, pembebasan bersyarat, cuti menjelaskan bebas, dan cuti bersyarat.

Selanjutnya diatur dalam Pasal 5, remisi khusus maupun umum dapat diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi syarat berkelakuan baik dan telah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan. (Naim)

Foto: Kalapas Metro. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button