NEWS

Lapas IIA Metro Belum Dapat Ijin, Kunjungan Tatap Muka Diganti VC

RADARMETRO.ID – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Metro belum juga memberikan kesempatan bagi Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) atau narapidana mendapatkan kembali kesempatan dikunjungi oleh orang-orang yang dicintainya secara tatap muka. Keluarga berharap dibuka kembali saat Idul Fitri 1443 Hijrah/ 2022 Masehi tidak menggunakan layanan video call (VC), Rabu (27/4/2022).

Kalapas IIA Metro, Muchamad Mulyana mengungkapkan kesempatan dibukanya waktu berkunjung secara tatap muka masih menunggu interuksi. Mengingat situasi dan kondisi pembatasan tatap muka akibat Pandemi Covid-19.

“Di Lebaran ini, kita belum mendapatkan intruksi dari pusat untuk memperbolehkan kunjungan secara tatap muka. Karena suasana masih dalam Pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Sebagai ganti kunjungan tatap muka saat Lebaran, Lapas IIA Metro memberikan layanan untuk narapidana berkomunikasi melalui video call (VC) selama tiga hari berturut-turut. Layanan tersebut akan berlangsung pada Senin sampai Rabu, 2 sampai 4 Mei 2022 yang dibuka sejak pukul 08.00-15.00 WIB.

“Sebagai kompensasinya kita akan buka layanan video call yang kita berikan waktu khusus tiga hari berturut-turut. Mulai hari Senin, Selasa, dan Rabu. Mulai pukul 08.00-15.00,” paparnya.

Diketahui, bahwasanya layanan tersebut masih sama dengan layanan yang diberikan Lapas IIA Metro pada keseharian narapidana dalam berkomunikasi dengan keluarga saat Pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Akan tetapi, Mulyana memberikan tenggang waktu yang lebih lama untuk Hari Raya Idul Fitri kali ini.

“Kalau layanan VC sebelumnya itu hanya terbatas pada pukul 08.00 sampai pukul 11.00. Saat Hari Raya Idul Fitri ini jauh lebih panjang waktunya,” tambahnya.

Kesempatan bertatap muka melalui VC dapat dimanfaatkan oleh narapidana untuk menghubungi keluarga yang berada di rumah. Bahkan, Lapas IIA Metro juga memfasilitasi handphone bagi keluarga yang tidak memilikinya. Dengan datang langsung ke Lapas IIA Metro, akan mendapatkan arahan dari petugas sekaligus fasilitas layanan secara gratis.

“Bagi narapidana kita berikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan keluarganya di rumah melalui layanan video call, atau bagi keluarganya yang tidak mempunyai Hp, kita sediakan di depan,” ujarnya.

Lapas IIA Kota Metro memfasilitasi 10 handphone bagi narapidana, dan 5 handphone bagi keluarga yang menunggu di luar lapas agar bisa berkomunikasi tatap muka walaupun secara online. Hal tersebut, sudah disampaikan kepada para narapidana agar mereka dapat memahami akan kondisi saat ini.

“Pada dasarnya sudah kami sampaikan kepada seluruh narapidana, bahwasanya kita juga masih menunggu perintah untuk kunjungan tatap muka dari pusat. Selama belum diizinkan maka kami belum berani membuka, tetapi kalau sudah diizinkan kami juga buka saat itu juga,” pungkasnya.

Salah seorang keluarga dari narapidana yang berada di Lapas IIA Metro, bernama Agustin (46) mengungkapkan rasa keinginan untuk bertemu keluarga yang masih menjalani masa tahanan.

“Ya sedih sih, namanya lebaran. Pinginnya kan ketemu. Tatap muka kayak sebelum-sebelumnya,” terangnya.

Ia menilai layanan VC tidak sebanding dengan bertatap muka langsung, dengan menjenguk keluarga yang berada di Lapas IIA Metro.

“Kalau ketemu kan bisa melihat keadaan secara langsung, melalui video call ya seperti itu lah. Belum mengobati rasa rindu kalau video call,” pungkasnya. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button