NEWS

Lantaran Membakar Sampah, Kandang Sapi di Sumbersari Bantul Terbakar

RADARMETRO.ID – Bangunan kandang sapi milik Kusbani warga RT/RW 007/002 Kelurahan Sumbersari Bantul, Kecamatan Metro Selatan terbakar Sabtu (4/6/2022) dini hari.

Seorang pekerja di kandang tersebut, Amran (25) mengungkapkan awal mula api berasal dari sisa pembakaran sampah dan kotoran sapi (letong) yang berada di bawah kandang.

“Sore hari itu saya kan membakar sampah sama letong sapi di bawah kandang ini, namanya letong basah kan ya, api di atasnya mati tapi di bawahnya masih hidup. Saya kira sudah mati sore itu,” kata Amran.

Lantaran kandang saat kejadian dalam keadaan tanpa pengawasan, Amran yang sedang pulang, api membesar melahap tumpukan kayu dan langsung menjalar ke bangunan kandang sapi.

“Sebenarnya saya jaga terus, kebetulan saat itu enggak saya cek kembali apinya, saya kira sudah mati dan sekira jam sepuluh malem saya pulang kerumah jadi enggak ada yang ngawasin lagi,” bebernya.

Amran sempat kaget saat dihubungi warga di area kandang melalui telepon sekira pukul 04.30 WIB, ia menyangka kandang yang terbakar dalam keadaan dipenuhi sapi peliharaan. Tetapi ketika Amran sampai di lokasi, yang terbakar hanya kandang yang berisi kotoran sapi yang dibersihkannya sore tadi.

“Saya tahunya dihubungi oleh rumah depan itu, kandang kebakaran. Saya kira kandang yang ada sapinya, tapi ternyata kandang yang sore tadi saya bersihkan,” ujarnya.

Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Metro menerjunkan dua unit mobil Damkar dan berhasil menjinakkan 1 jam kemudian lantaran api yang mulai menjalar di seluruh bangunan kandang.

Sementara itu, Lurah Sumbersari Bantul, Agus Permadi sudah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan untuk menindaklanjuti kejadian yang menimpa salah satu warganya. Atas kejadian tersebut, ditaksir kerugian mencapai Rp.20 juta.

“Kejadian tersebut kandang dalam keadaan kosong tidak ada peliharaan hewan sapi. Tapi kandang dengan ukuran 10×20 meter persegi terbakar berserta tumpukan kayu-kayu kaso. Untuk kerugian ditaksir mencapai Rp.20 juta. Saya sudah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan untuk kedepannya nanti ditindaklanjuti,” ucap Lurah Agus.

Berdasarkan pantauan radarmetro.id hingga pagi hari, sekira pukul 07.30, di lokasi kebakaran sudah dilakukan pembersihan oleh Amran di bantu warga sekitar. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button