NEWS

Lagi 3 Warga Metro Positif Terpapar Covid-19, Varian Omicron?

RADARMETRO.ID – Setelah lama tak ada penambahan kasus, tiga warga Kota Metro kembali dinyatakan positif terpapar Covid-19. Belum diketahui apakah ketiga warga tersebut terpapar Covid-19 varian baru jenis Omicron. Pasalnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro baru akan mengirimkan sempel swab ke Jakarta melalui Dinkes Provinsi Lampung.

“Iya, ada untuk uji varian Omicron. Untuk pasien yang dirawat sudah diambil swabnya dan rencana akan dikirim ke Jakarta melalui Dinkes Provinsi Lampung,” terang Kepala Dinkes Kota Metro, drg. Erla Andrianti, Senin (31/1/2022).

Menurutnya, sempel swab tersebut dikirim ke Jakarta lantaran di Lampung belum dapat melakukan pengecekan varian Covid-19 tersebut. Karenanya melalui Dinkes Lampung pihaknya akan segera mengirim Sempel tersebut. “Belum bisa di Lampung, jadi harus kirim ke Jakarta,” katanya.

Ia mengatakan, untuk ketiga pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut diantaranya P.2933 berinisia MFD (23) warga Tejoagung. Diketahui, pasien melakukan pemeriksa swab PCR di Laboratorium Intibios Lampung. Hasilnya pasien dinyatakan positif Covid-19.

“Untuk saat ini pasien tengah dirawat di RSUDAY. Rencananya akan dites WGS (Whole Genome Sequencing). Ini untuk mengetahui varian Covid-19 pada pasien,” terangnya.

Kemudian, P. 2934 berinisial RM (61) warga Yosorejo, Metro Timur. Kronologi pasien melakukan pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Intibios Lampung. “Hasilnya pasien dinyatakan positif Covid-19. Saat ini pasien tengah dirawat di RS Muhammadyah. Pasien juga rencananya akan dilakukan pemeriksaan WGS untuk memastikan varian Covid-19,” jelasnya.

Pasien selanjutnya, dialami P. 2935 berinisial YM (48) warga Metro Barat. Pasien diketahui memiliki usaha di Jakarta. “Jadi bolak balik. Yang bersangkutan mau ke Jakarta. Nah, sebelumnya tes rapid antigen di Laboratorium Intibios Bandarlampung dan dinyatakan positif. Saat ini pasien isolasi mandiri (Isoman),” paparnya.

Menurutnya, untuk sempel swab pasien yang Isoman ini tidak dikirimkan ke Dinkes Provinsi. Ini karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. “Karena syarat-syaratnya untuk dikirimkan uji sempelnya,” tutupnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button