NEWS

Kurangi Kapasitas TPA Karangrejo, Pemkot Metro Lounching 23 Bank Sampah

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) meresmikan 23 Bank Sampah di Bumi Sai Wawai. Peresmian ditandai dengan diresmikannya Bank Sampah Induk Nusa (Nuwo Sampah) di Kantor Aula TP PKK Kota Metro.

Dikonfirmasi awak media usai meresmikan bank sampah, Walikota Metro Wahdi mengatakan, lounching bank sampah tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk menjaga Kota Metro agar tetap bersih. Kegiatan ini juga digelar bertepatan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

“Alhamdulillah dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasionak yang ke-17 kita melakukan launching Bank Sampah Induk Nusa. Kita berkomitmen bersama untuk menjaga Kota Metro untuk tetap bersih, bersih, bersih, dan bersih,” paparnya, Jumat (25/2/2022).

Ia mengatakan, kegiatan tersebut hendaknya dapat diikuti secara serentak bagi seluruh masyarakat Kota Metro. Sehingga dapat mengurangi penumpukan sampah. “Ini kita lakukan serentak di Kota Metro. Dan akan dilanjutkan lagi minggu ini, dan kita lihat bagaimana masyarakat sangat hebat sekali,” paparnya.

Ia berharap dengan adanya bank sampah tersebut menjadi solusi dalam mengatasi persoalan sampah. Karenanya ia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

“Bank sampah ini diharap akan menjadi solusi pengurangan sampah yang ada di Kota Metro ini. Komitmen saja dulu, kita yakin. Kalau kita masing-masing sendiri tidak sadar untuk membuang sampah pada tempatnya, ya selesai. Seperti yang saya sampaikan tadi kita harus berani berperang melawan sampah,” tegasnya.

Diakuinya, Pemkot juga telah berupaya dalam meminimalisir sampah. Salah satunya dengan melakukan daur ulang sampah tersebut. Bahkan masyarakat yang membandel dan membuang sampah sembarangan juga akan disanksi tegas sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

“Kita sudah lakukan upaya-upaya peminimalisiran sampah tersebut. Sudah ada perdanya, sudah ada semua aturan itu. Kita sudah bersama-sama sepakat kan berkomitmen. Jadi ya kita harus sadar dimulai dari diri kita, rumah kita lingkungan kita. Nah ke depan kita akan saniterirenfil yang terbaik. Ada upaya-upaya peningkatan tentunya juga kita punya daur ulang sampah,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Metro Irianto Marhasan menjelaskan, dalam lounching kali ada 23 Bank Sampah yang diresmikan. Yakni 1 merupakan Bank Sampah Induk dan 22 lainnya berada di masing-masing kelurahan.

“Yang diresmikan saat ini bank sampah induk dengan dibawahnya ada di masing-masing kelurahan terdapat satu bank sampab uni. Jadi kita meresmikan 23 bank sampah dengan termasuk satu bank sampah induk,” jelasnya.

Ia berharap dengan diresmikannya Bank sampah tersebut akan dapat mengurangi penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Karangrejo, Metro Utara. Terlebih diketahui setiap harinya sampah yang berhasil dikumpulkan tersebut mampu mencapai 50-70 ton per hari.

“Harapannya dengan adanya bank sampah ini, otomatis sampah-sampah berkuranglah yang menuju ke TPA-nya. Yang tadinya satu mobilnya 5 ton atau yang per harinya 50 – 70 ton, kita harap dapat mengurai dari yang ada di kelurahan,” paparnya.

Ia menambahkan, terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) bagi pembuang sampah sembarang akan kembali digencarkan. Selain Satpol PP pihaknya juga akan melibatkan masyarakat dalam operasi tersebut.

“OTT pembuangan sampah akan segera kita lakukan. Kemungkinan awal bulan kita bergerak dengan anak-anak muda, jadi bukan hanya dengan LH dan Pol-PP saja. Tapi kita berharap kepada masyarakat untuk sadar diri terhadap lingkungan,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button