NEWS

Kondisi Terkini Eka Irianta Jalani 20 Hari di Lapas IIA Metro

RADARMETRO.ID – Tersangka dugaan kasus tindak pidana korupsi (Tipikor), Eka Irianta diberlakukan dengan selayaknya warga binaan sesuai prosedur Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Metro. Bahkan, ia diharuskan pemeriksaan Antigen dan dikarantina selama tiga hari sebelum ditempatkan bersama warga binaan kasus Tipikor lainnya di Lapas tersebut.

Diketahui, Eka Irianta dititipkan sementara selama 20 hari di Lapas IIA Metro. Hal tersebut lantaran penetapan tersangka, Eka Irianta oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Metro terkait dugaan kasus Tipikor saat menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro.

“Yang bersangkutan sudah dititipkan disini, sejak hari kamis ya, sekiranya jam dua siang,” keterangan Kalapas IIA Metro, Muchamad Mulyana kepada radarmetro.id, Sabtu (21/5/2022).

Muchamad Mulyana tidak memberikan kelonggaran apapun terhadap narapidana baru yang akan menjalani masa kurungan di Lapas IIA Metro. Narapidana baru di Lapas IIA Metro, kata Mulyana terlebih dahulu menjalani Rapid Tes Antigen untuk mengetahui bahwa narapidana tersebut terbebas dari Covid-19. Dilanjutkan dengan karantina selama tiga hari diruang khusus yang telah disediakan Lapas IIA Metro.

“Pada masa Pandemi Covid-19 ini, ketika ada tahanan baru kami melakukan Antigen untuk memastikan kondisinya tidak terjangkit Covid-19. Setelah kita terima, kita lakukan karantina selama tiga hari. Setelah itu gabungkan dengan tahanan lainnya,” tuturnya.

“Iya, saat ini yang bersangkutan masih di dalam kamar karantina,” tambahnya.

Lapas IIA Metro saat ini juga sebagai rumah tahanan (Rutan) bagi tersangka atau terdakwa yang sedang menjalani proses penyidikan. Seperti halnya yang terjadi pada tersangka Tipikor, Eka Irianta yang masih menjalani proses penyidikan dugan Tipikor DLH Kota Metro.

“Sementara di Metro ini belum ada Rutan, maka Lapas ini juga sebagai tempat penahanan sementara sembari menunggu proses yang sedang berlangsung,” terangnya

Lebih lanjut, Kalapas IIA Metro, Muchamad Mulyana menjamin akan kesehatan tersangka yang menjalani proses penitipan. Sehingga nantinya tidak ada alasan bagi tersangka tidak bisa mengikuti seluruh proses penyidikan, penuntutan sampai peradilan.

“Pada prinsipnya, setiap tahanan yang dititipkan ke Lapas Kota Metro kami melakukan perawatan terutama kesehatan yang bersangkutan selama menjalani penahanan, sehingga nantinya mempermudah, memperlancar proses selanjutnya. Artinya dalam kondisi tetap sehat, dan bisa menjalani proses penyidikan, penuntutan maupun sidang peradilan,” pungkasnya.

Sangat disayangkan, radarmetro.id belum diperbolehkan mengambil gambar secara langsung kondisi Eka Irianta yang berada di dalam kamar karantina Lapas IIA Metro. (Naim)

Foto : Eka Irianta berada di kamar khusus karantina selama tiga hari sebelum berbaur bersama warga binaan lainnya di Lapas IIA Metro. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button