NEWS

Komitmen Wujudkan SPBE, Pemkot Metro Tingkatkan Indeks Penilaian

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro berkomitmen mewujudkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Karenanya beberapa indeks dalam SPBE terus ditingkatkan.

Demikian disampaikan Walikota Metro Wahdi dikonfirmasi awak media, Selasa (22/3/2022). Ia mengakui pihaknya tengah menata kembali sistem pemerintah berbasis elektronik tersebut. Artinya tata kelola dan pelayanan publik.

Menurutnya, dengan menata kembali, maka kelolanya akan lebih baik, dan pelayanan publiknya pun demikian. “Kita sudah ada, hanya menata kembali. Sehingga tata kelolanya baik, pelayanan juga baik, kan kita ingin memberikan pelayanan yang terbaik,” ujarnya.

Senada disampaikan Kepala Diskominfo Kota Metro Subehi. Ia menambahkan, SPBE telah dicanangkan sejak dikeluarkannya Peraturan Presiden No.95 Tahun 2018. Untuk di Kota Metro, kata Subehi, pihaknya sudah mengimplementasikan SPBE pada tahapan pembuatan master plan atau rencana induk SPBE.

“Rencana induk ini adalah rencana lima tahun ke depan. Karena mengimplementasikan SPBE butuh waktu yang tidak sebentar, ada prosesnya,” katanya.

Diakuinya, dari evaluasi penerapan SPBE di Metro saat inj mendapatkan nilai indeks yang cukup tinggi. Yakni berada di level 2,14 dari Kemenpan RB. “Itu levelnya cukup dan tertinggi se Lampung. Nilai itu pun menjadi penyemangat kami untuk lebih meningkatkan lagi. Harapannya tahun 2022 berada di level 3,” ujarnya.

Sementara itu, Auditor SPBE Kemenpan RB Sofyansyah mengatakan, ada beberapa tahapan untuk meningkatkan indeks SPBE. Di mana setiap pemerintah yang memakai teknologi dan informasi harus mengacu pada SPBE, dan indeks sudah cukup levelnya.

“Jadi terkait domain SPBE ini yaitu kebijakan, tata kelola, managemen, dan layanan. Tadi koordinasi dengan Pak Wali, bagaimana rencana, strategi dan langkah-langkah kedepannya, apa yang harus dilakukan. Untuk Kota Metro penilaiannya masih di level cukup dan kita sedang tingkatkan ke level baik,” tukasnya.(ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button