NEWS

Komitmen Wujudkan Kota Sehat, Pemkot Metro Deklarasikan 5 Pilar STBM

RADARMETRO.ID – Pemerintah Kota Metro berkomitmen mewujudkan Kota Metro sebagai Kota Sehat. Komitmen tersebut diwujudkan dengan dideklarasikannya lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang pertama di Lampung. Deklarasi 5 pilar tersebut dilakukan Walikota di Gedung Sessat Agung Metro, Kamis (31/3/2022).

Dikonfirmasi awak media, Walikota Metro Wahdi mengatakan, deklarasi lima pilar STBM di Kota Metro ini merupakan yang pertama. Ini merupakan sebuah janji serta komitmen Pemerintah Kota Metro menuju kota sehat.

“Metro kota pertama mendeklarasikan 5 pilar STBM ini. Capaian ini merupakan langkah untuk kedepannya menuju kota sehat 2023,” ujarnya, Kamis (31/3).

Menurutnya, deklarasi lima pilar STBM ini memang harus segera dilakukan. Sebab Kota Metro sudah bebas buang air besar sembarangan (BABS) atau ODF pada 2019 lalu.

“Selain itu juga cuci tangan pakai sabun, pengolahan makanan dan minuman rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga, serta pengelolaan limbah cair rumah tangga sudah mencapai lebih dari 50 persen. Ini segara kiya deklarasikan. Kalau kita tidak mendeklarasikan secepat mungkin, kita akan terlambat,” paparnya.

Pihaknya juga akan mendorong perangkat kecamatan mulai dari RT hingga camat untuk turun bersama masyarakat. Ini agar semua pilar bisa tercapai hingga 100 persen, dan pembangunan sanitasi mencapai hasil yang maksimal, khususnya pemenuhan target universal access sanitasi.

Untuk itu, tambahnya, perlu melibatkan semua pihak dari pemerintah, masyarakat maupun pihak swasta. Utamanya untuk melakukan sinkronisasi dilakukan dengan melihat langsung pelaksanaan 5 Pilar STBM.

“Semuanya harus turun ke bawah, karena kepemimpinan tidak hanya di kantor tapi turun bersama masyarakat. Itu paling penting,” tegasnya.

Pihaknya memastikan akan segera menyelesaikan kekurangan tersebut. Yakni terutama untuk merubah perilaku masyarakat. “Pemerintah Kota Metro dalam tata kelola tentunya sudah baik, maka pelayanan publiknya juga baik. Ini karena seluruh masyarakat Kota Metro berdaya. Selain itu, tujuan pembangunan berkelanjutan untuk meneruskan kegiatan, yang tidak hanya muncul sebagai kota sehat saja,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button