NEWS

Koleksi Bertambah, Uang Kuno Zaman Belanja Ada di RIS

RADARMETRO.ID – Koleksi di Rumah Informasi Sejarah (RIS) Metro kembali bertambah. Terbaru, uang kuno zaman penjajahan Belanda yang bernilai sejarah melengkapi koleksi-koleksi lainnya di RIS.

Kasi Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro Heri Widarto, menerangkan pihaknya menginventarisir masukan masyarakat terkait pengadaan koleksi uang kuno. Terlebih pihaknya juga mendapat dukungan dari BNI Cabang Metro lewat pengadaan mobile rak display pameran.

“Pengadaan tambahan koleksi ini sendiri tidak berasal dari APBD melainkan dari honor anggota tim ahli cagar budaya (TACB). Tim ini sengaja menyumbangkan ini untuk menambah koleksi. Kemudian BNI Metro yang membantu pengadaan rak display dan juga galeri sejarah uang,” terangnya.

Ia juga mengatakan, koleksi terbaru uang kuno tersebut dipamerkan pada pameran uang kuno yang dirilis bertepatan dengan HUT Kota Metro. Hal tersebut juga dilakukan sebagai upaya peningkatan literasi sejarah warga terkait dengan penggunaan mata uang yang pernah ada.

“Dari BNI tertarik untuk mendukung gagasan penambahan koleksi RIS Metro sebagai upaya edukasi terhadap masyarakat. Terlebih koleksi yang ditampilkan cukup menggambarkan perjalanan uang yang pernah berlaku di Indonesia,” katanya.

Menurutnya, uang kuno yang dipamerkan tersebut merupakan uang sejak zaman Belanda, Jepang, NICA, RIS, bahkan uang-uang Orida yang cukup langka. Jumlahnya koleksi ada sekitar 80an.

“Di hari jadi Metro ini kami mengajak warga Metro untuk datang ke RIS dan melihat koleksi baru yang dibuka untuk umum tersebut. Masyarakat bisa melihat koleksi-koleksi tersebut tanpa dikenakan biaya,” tukasnya. (ria)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button