NEWS

Kodim 0411/KM Siapkan Calon Anggota Komcab

RADARMETRO.ID – Empat pemuda disiapkan sebagai Komponen Cadangan (Komcad) di bawah binaan Komando Distrik Militer (Kodim) 0411/KM yang akan terjunkan untuk wilayah Komando Rayon Militer (Koramil) 411-15/Kalirejo. Sertu Een Setiyono, Anggota Kodim 0411/KM turun tangan dalam latihan fisik calaon Anggota Komcad, Jumat (6/5/2022).

Dandim 0411/KM, Letkol Inf Sihono melalui Sertu Een Setiyono, Anggota Kodim 0411/KM mengungkapkan Komcad sebagai persiapan generasi selanjutnya dalam hal pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal tersebut merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN).

“Merujuk UU PSDN, yang dimaksud Komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama,” ujarnya.

Anggota Komcab nantinya sebagai suatu pengabdian kenegaraan yang sifatnya sukarela.

“Bagi warga negara yang terlibat dalam aktivitas Komcad dianggap tengah melakukan suatu pengabdian dalam usaha pertahanan negara yang bersifat sukarela,” tambahnya.

Mengutip dari pernyataan pada Situs Resmi Kementerian Pertahanan (Kemhan), Komcad terbagi 4 (empat) bagian yaitu: Komcad sumber daya manusia, Komcad sumber daya alam, Komcad sumber daya buatan, Komcad sarana dan prasarana.

“Semuanya dipersiapkan untuk bisa dimamfaatkan ketika negara dalam kondisi darurat di bawah ancaman perang ataupun bencana alam,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button