NEWS

Kasatlantas Polres Metro : Operasi Patuh Sudah Selesai, Harusnya Tetap Patuh

RADARMETRO.ID – Operasi Patuh Krakatau tahun 2022 Polres Metro telah usai. Selama dua pekan pelaksanaan, petugas berikan tindakan kepada 30 target operasi (TO) yakni, berupa pelanggaran kasat mata oleh orang, barang bawaan, tempat rawan, dan kegiatan edukasi.

Kapolres Metro, AKBP Yuni Iswandari Yuyun melalui Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) AKP I Made Sudastra SH, membeberkan anggota Satlantas menyelesaikan TO sesuai jadwal rencana giat dengan waktu yang telah ditetapkan, yakni selama 14 hari. Namun, masyarakat diimbau agar tetap patuh dalam berkendara.

“Tidak sebatas ini, semoga seterusnya masyarakat tertib berlalulintas dalam berkendara di Jalan Raya, dan mematuhi aturan lalulintas yang ada, serta setiap mengendarai kendaraan selalalu melengkapi dengan dokumen berupa STNK dan SIM ,serta selalu menggunakan helm SNI, sehingga keselamatan dalam berkendara dijalan terjamin,” ujar Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Metro AKP I Made Sudastra,SH, saat dikonfirmasi radarmetro.id, Senin (27/6/2022).

Lanjut, Kata Kasatlantas, kasus pelanggaran lalulintas mengalami penurunan setiap harinya selama pelaksanaan operasi, sejak 13 Juni hingga 26 Juni 2022.

“Telah kita tutup Operasi Patuh Krakatau Polres Metro tahun 2022 ini semalam. Dihari pertama sebanyak tujuh orang, dan terus menurun sampai hari terakhir sebelum penutupan giat operasi, semua berjalan dengan lancar dan aman,” ungkapnya.

Menurut Kasatlantas, menurunnya pelanggaran berlalulintas di Jalan Raya Kota Metro yang menjadi target Operasi Patuh Krakatau 2022 merupakan buah dari edukasi dan pendekatan persuasif kepada pengendara.

“Itu menandakan masyarakat sudah mulai sadar akan safety riding saat memasuki wilayah tertib lalulintas,” ungkapnya.

Kasatlantas AKP I Made Sudastra SH, turut prihatin sekaligus menyayangkan dalam Operasi Patuh Krakatau kali ini terdapat kecelakaan lalulintas (Lakalantas) yang merenggut nyawa pengendara motor atas nama Eko Alfianto (19), pemuda asal Kelurahan Yosomulyo Kecamatan Metro Barat, Kota Metro.

“Ya harapan kedepannya tidak ada lagi hal serupa, safety riding perlu untuk menjaga diri sendiri. Menaati aturan lalulintas meminimalisir Lakalantas yang berakibat fatal,” tukasnya.

Sebelumnya, Operasi Patuh Krakatau Polres Metro tahun 2022 dilakukan secara terpusat dan petugas melaksanakan Operasi Secara hunting alias berkeliling di jalanan rawan Lakalantas di Kota Metro.

Perlu diketahui, terdapat tujuh poin pelanggaran yang mendapatkan tindakan dari petugas kepolisian saat gelaran Operasi Patuh Krakatau 2022.

Ketujuh poin tersebut diantaranya, menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, berkendara saat dipengaruhi alkohol, melawan arus lalulintas, kecepatan melebihi batas ketentuan, yang terakhir bagi pengendara motor yang tidak mengenakkan helm atau helm tidak berlabel SNI serta bagi pengendara roda empat atau lebih yang tidak mengenakan safety belt di jalanan Kota Metro. (Naim)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button